Beranda Teknologi Mata Operasi Lasik, Cara Menghilangkan Minus-Plus pada Mata

Operasi Lasik, Cara Menghilangkan Minus-Plus pada Mata

533
0
BERBAGI

Jenuh memakai kacamata atau kontak lensa? Untuk melepas ‘bantuan’ untuk melihat tersebut, Anda bisa menggunakan operasi lasik. Tapi sebelum itu, Anda harus tahu apa itu operasi lasik dan cara melakukannya.

Apa itu metode lasik?

Ingin cepat sembuh tapi Anda harus tahu dulu apa fungsi operasi lasik. Menurut dr. Robert Abe, spesialis mata, operasi lasik dilakukan dengan manyayat kornea dan mengangkat flap. Kemudian melaser membentuk ulang jaringan kornea bawahnya.

Siapa saja yang menerima operasi lasik?

Lasik diperuntukan bagi mereka yang memiliki masalah kelainan refraksi (minus dan silinder). Tapi sebelumnya, pergilah ke dokter spesialis mata. Karena menurut dr. Abel, Anda harus memastikan mata Anda tidak kering atau masalah lainnya. Selain itu, lasik juga mampu memperbaiki pasien presbiopia (tidak bisa fokus jika close up karena efek penuaan).

Berapa persen tingkat keberhasilannya?

Menurut American Academy of Ophthalmology, 90 persen pasien lasik berhasil mengurangi bahkan menghilangkan kelainan refraksi (minus dan silinder). Penggunaan kacamata biasanya hanya digunakan kembali ketika ingin membaca ditempat gelap atau efek usia. Namun hasil ini juga sebagian besar karena keberanian dari pasien sendiri. Karena dalam operasi lasik diperlukan kestabilan mental dan tetap fokus.

Berapa besar risiko?

Inilah faktor yang paling ditakutkan pasien. Takut buta atau malah mengalami kelainan lain membuat tak jarang pasien berubah pikiran pada detik terakhir. Dr. Abel berkata prosedur lasik sangat aman. Risikonya hanyalah satu persen. Daripada memikirkan risiko, dr. Abel ingin pasien melihat manfaat terbesarnya. Memang pada awalnya pasien akan mengalami gejala silau atau kabut. Namun itu hanya sesaat. Terutama setelah beberapa hari pasca operasi.

Berapa biayanya?

Sejatinya, setiap negara memiliki biaya tersendiri dalam melakukan operasi lasik. Hal itu tergantung berapa besar kelainan mata yang Anda alami, di mana Anda melakukannya, siapa dokternya, dan teknologi yang Anda gunakan . Menurut Lasik.com, biayanya sekitar 200 sampai 4.000 US Dollar (Rp3,9-52 juta). Harganya bisa permata atau sudah kedua mata.

Berapa lama operasinya dan waktu penyembuhannya?

Menurut dr. Abel, operasi lasik biasanya terjadi selama lima sampai 10 menit. Bahkan sayatan lasik terjadi selama 30 detik saja. Sehari sebelum operasi, mata harus steril. Tidak terkena debu. Setelah operasi hanya dibutuhkan waktu seminggu untuk pemulihan. [intisari-online]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here