Beranda Berita Mata Apakah Headset Virtual Reality Aman untuk Mata?

Apakah Headset Virtual Reality Aman untuk Mata?

44
0
BERBAGI

Headset Virtual Reality adalah perangkat yang dipasang di kepala yang digunakan untuk menampilkan realitas virtual bagi pemakainya. Alat ini memiliki layar stereoskopis (menyediakan gambar terpisah untuk setiap mata) yang dipasang di kepala (didepan mata). Layar monitor tersebut diletakkan sangat dekat dengan mata, sehingga menimbulkan pertanyaan. Amankah perangkat tersebut untuk mata ?
.
Belum ada studi jangka panjang tentang mengenai efek dari teknologi ini pada mata. Namun, menatap layar headset VR atau perangkat digital apapun untuk jangka waktu lama dapat menyebabkan ketegangan/ kelelahan mata atau juga perasaan tidak nyaman pada mata. Selain itu mata cenderung kurang berkedip saat menggunakan perangkat layar digital daripada biasanya. Hal ini dapat menyebabkan permukaan depan mata cenderung lebih kering dan merasa lelah.
.
Sebagian besar produsen headset VR mengatakan perangkat ini tidak cocok untuk anak dibawah 12 atau 13 tahun. Meskipun tidak ada penelitian jangka panjang, sebagian dokter mata setuju bahwa tidak ada alasan untuk khawatir bahwa headset VR akan merusak perkembangan mata, kesehatan atau fungsi mata, bila digunakan secara tepat.
.
Perlu menjadi perhatian bahwa ketika mata anak-anak masih berkembang, waktu layar harus dibatasi dan penggunaannya harus dipantau dengan cermat. Karena terdapat peningkatan risiko rabun jauh atau miopia pada aktifitas dengan penglihatan jarak dekat yang cukup lama dan berkelanjutan.
.
Karena data tentang keamanan teknologi VR saat ini untuk anak-anak masih sangat minimal. Sebagian ahli juga tidak merekomendasikan penggunaan headset VR pada anak-anak.
.
Kesimpulan :
Secara umum, penggunaan headset VR cukup aman bila digunakan secara tepat dan bijak. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efek penggunaan headset VR pada mata.

#klinikmata #klinikmataKMU #eyeclinic #eyecenter #doktermata #ophthalmologist #beyondophthalmologist #gresik#lamongan #bojonegoro #tuban #madura #bangkalan #surabaya #sidoarjo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here