Beranda Berita Mata Efek Samping Obat Tetes Mata dengan Kandungan Steroid Jangka Panjang

Efek Samping Obat Tetes Mata dengan Kandungan Steroid Jangka Panjang

213
0
BERBAGI

Banyak obat-obatan yang dapat menimbulkan efek samping pada mata dan fungsi penglihatan, salah satunya adalah obat tetes mata dengan kandungan steroid.

Efek samping yang timbul dapat bermacam-macam, dari ringan sampai menimbulkan efek samping yang serius. Meluasnya penggunaan obat tetes kortikosteroid untuk berbagai kondisi klinis dan tanpa petunjuk petugas medis juga menyebabkan banyaknya efek samping signifikan akibat pemakaian berkepanjangan.

Penggunaan berkepanjangan pada mata dapat menyebabkan efek samping yang buruk diantaranya :
1. Katarak
Penggunaan obat tetes steroid jangka panjang dapat mengakibatkan kekeruhan pada lensa mata terutama pada kapsul posterior lensa, sehingga tajam penglihatan menjadi menurun.
.
2. Glaukoma
Penggunaan obat tetes steroid jangka panjang dapat mengakibatkan peningkatan tekanan bola mata, bila terjadi dalam waktu lama mengakibat kerusakan saraf mata.
.
3. Meningkatkan resiko infeksi
Obat tetes steroid jangka panjang akan menurunkan sistem imun, sehingga resiko infeksi meningkat. Bahkan dapat memperberat infeksi yang sudah terjadi, terutama pada infeksi jamur dan bakteri.
.
4. Menghambat penyembuhan luka/ epitelisasi
Dalam jangka panjang, proses penyembuhan/ epitelisasi juga dapat dihambat oleh penggunaan obat tetes steroid, sehingga dapat menyebabkan gangguan pada mata/ kornea menjadi lebih sulit sembuh atau bahkan bertambah berat.

Penggunaan obat tetes steroid dapat membantu mengurangi peradangan pada beberapa kasus tertentu, namun perlu di perhatikan juga efek samping yang dapat terjadi, sehingga perlu pengawasan dari petugas medis dalam penggunaan obat-obatan tersebut.

#pelayanansepenuhhati#klinikmataKMU #klinikmatautama#eyecenter #eyeclinic #katarak#katarakcenter #doktermata#ophthalmologist #gresik #lamongan#tuban #bojonegoro #madura#bangkalan #surabaya #sidoarjo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here