Beranda Berita Mata Buta warna

Buta warna

251
0
BERBAGI

Buta warna merupakan kelainan pada penglihatan di mana seseorang tidak mampu membedakan warna.

Buta warna,dilihat dari sebabnya ada dua : kongenital atau bawaan dan didapat.

Buta warna berdasarkan jenis warna yang tidak bisa dibedakan ada dua buta warna parsial dan total. Buta warna kongenital, terdapat pada kromosom X, sehingga jarang muncul pada anak perempuan, kecuali bapak maupun ibunya buta warna.

Buta warna didapat, bisa terjadi karena faktor infeksi atau peradangan pada papil nervus optikus atau pada retina mata. Contoh penyakit yang menyebabkan misalnya diabetes, infeksi virus, sifilis, atau juga bisa disebabkan karena efek samping obat.

Pemeriksaan untuk mengetahui kelainan buta warna adalah dengan ishihara test dan ada tes yang lebih akurat berupa Farnsworth Munsell Test.

Kesimpulan buta warna kongenital, merupakan karunia Allah SWT, jangan putus asa, tidak dapat bekerja, karena banyak sumber penghasilan yang tidak membutuhkan syarat kita buta warna apa tidak.

Buta warna didapat, kadang menjadi penanda bahwa seseorang tengah mengalami sakit serius, sehingga harus segera berobat ke dokter mata, untuk mendapatkan penanganan lebih baik.

#infoKMU #butawarna#pelayanansepenuhhati#klinikmataKMU #klinikmatautama#eyecenter #eyeclinic #katarak#katarakcenter #doktermata#ophthalmologist #gresik #lamongan#tuban #bojonegoro #madura#bangkalan #surabaya #sidoarjo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here