Beranda Penyakit Mata 3 Kebiasaan Saat Mata Kelilipan Ini Harus Dihindari

3 Kebiasaan Saat Mata Kelilipan Ini Harus Dihindari

461
1
BERBAGI

Apa kamu pernah mengalami mata kelilipan? Rasanya hal ini menjadi sesuatu yang biasa dna kerap ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Namun sayangnya, banyak tindakan yang kurang tepat justru dianggap biasa oleh masyarakat dalam melalukan penanganan pada mata kelilipan ini. Apa saja hal yang dianggap biasa namun berbahaya bagi mata ini? Dokter Spesialis Mata KMU dr.Irma A Pasaribu, SpM akan berbagi, apa saja hal-hal yang justru membahayakan bila kita lakukan untuk menangani mata kelilipan.

1. Menggosok atau mengucek mata

Mungkin bagi sebagian besar masyarakat, melakukan hal ini adalah tindakan yang melegakan dan dianggap menyelesaikan masalah. Namun, banyak orang tak mengetahui rsiko besar dibalik tindakannya ini. dr, Irma menjelaskan, tindakan menggosok atau mengucek mata ini dapat berisiko melukai kornea. Akibatnya, mata akan timbul rasa nyeri dan sakit yang berlebih.

2. Merendam mata

Sahabat DM mungkin sering mendengar perintah untuk segera merendam mata ketika kemasukan benda asing atau mata kelilipan? Faktanya, merendam mata memiliki risiko berbahya yang justru bisa memperparah kondisi mata. Mengapa demikian? Karena kita tidak pernah mengetahui, berapa besar kandungan pH dalam air. Misal, pH di dalamnya apakah asam atau basa? Terlebih,banyak mitos untuk merendam mata dengan air rebusan sirih. Hal ini justru berbahaya ya, karena kandungan pH yang belum diketahui.

Tindakan yang tepat adalah membersihkannya dengan air bersih yang mengalir kurang lebih selama 20 menit.

3. Memaksa mengambil benda asing pada mata Benda asing apa saja yang sudah kalian uji cobakan untuk mengambil benda penggangu dalam mata? Apakah Kapas?

  • Tisu
  • Cootton bud
  • Kertas
  • Bahkan rambut

Benda-benda itu sangat tidak disarankan ya Sahabat DM. Selain tidak diketahui kebersihannya, benda dengan permukaan yang kasar tersebut, dapat melukai mata dan berisiko menimbulkan infeksi atau luka yang berbahaya.

Bagaimana? Apakah Sahabat DM pernah melakukan satu diantaranya? Atau justru hamper sebagian besar sudah pernah dilakukan?

Setelah membaca artikel ini, baiknya kalian sudahi hal tersebut ya. Bila memang mengalami mata kelilipan, maka baiknya kalian segera memberi tindakan yang tepat. Kalian bisa dapatkan tips menangani mata kelilipan dengan baik di sini.

#operasikatarak #katarak #kesehatanmata #BPJSK #BPJSKesehatan #katarak #BPJS #klinikmata #dokter #doktermata #eyeclinic #eyecenter #eyelink #katarak #katarakcenter #beyondophthalmologist #gresik #lamongan #tuban #bojonegoro #bangkalan #sidoarjo #Kesehatanmata #Matasehat #klinikmata #tipsmatasehat #TipsKMU #jagajarakpandang #kesehatanmata #doktermata #SpM #doktermataindonesia #matakelilipan #tipsmata

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here