Beranda Kelainan Mata Hati-Hati! Mata Bergerak-Gerak Sendiri (Nistagmus), Pertanda 3 Penyakit Ini

Hati-Hati! Mata Bergerak-Gerak Sendiri (Nistagmus), Pertanda 3 Penyakit Ini

45
0
BERBAGI

Ada berbagai kondisi mata yang mungkin masih asing atau jarang diketahui oleh masyarakat. Salah satunya, kondisi mata yang bergerak-gerak sendiri di luar kendali.
Adakah gangguan mata seperti ini?
Ya, ternyata gangguan mata ini disebut dengan Nistagmus
Dokter Spesialis Mata Klinik Mata KMU Madura dr. Ruchyta Ranti, SpM menjelaskan, Nistagmus adalah kondisi penglihatan dimana mata melakukan gerakan berulang yang tidak terkontrol. Gerakan-gerakan ini mengakibatkan berkurangnya persepsi penglihatan.

Nistagmus sendiri, paling sering disebabkan oleh masalah neurologis yang ada sejak lahir atau berkembang pada anak usia dini.
Selain bawaan dari lahir, Nigtamus juga bias terjadi karena penyebab lain, diantaranya::

•           Kurangnya perkembangan kontrol gerakan mata normal di awal kehidupan

•           Albinisme

•           Gangguan refraksi yang sangat tinggi, misalnya rabun jauh (miopia) atau astigmatisme

•           Katarak bawaan

•           Peradangan telinga bagian dalam

•           Penyakit sistem saraf pusat

Tak hanya itu, ada yang perlu diwaspadai bila Nigtamus ini terjadi di kemudian hari dalam kehidupan (bukan bawaan). Karena hal ini bias jadi sebagai pertanda akan penyakit lain, seperti:
1.  Stroke
2. Multiple sclerosis
3. Trauma

Jadi, Sahabat KMU perlu waspada bila mendapati Nigtamus terjadi dan dating tiba-tiba. Baiknya, Anda periksakan diri ke Klinik Mata KMU terdekat untuk mendapat penanganan yang tepat.

 #Klinikmatautama
#Klinikmata #kesehatanmata #BPJSKesehatan #katarak #klinikmata #dokter #doktermata #eyecenter #eyelink #katarak #katarakcenter #beyondophthalmologist #gresik #lamongan #tuban #bojonegoro #bangkalan #sidoarjo #Eyespecialist #Professional #RSMata #EyeHospital
#Inspirasi #motivasi #hidupsehat #KMUEdu #phacoemulsifikasi #trainingphacoemulsifikasi #Nigtamus #Matabergeraksendiri #penyebabnigtamus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here