Beranda Penyakit Mata Bisakah Glaukoma Disembuhkan? 2 Tindakan Ini Mampu Cegah Kebutaan Permanen

Bisakah Glaukoma Disembuhkan? 2 Tindakan Ini Mampu Cegah Kebutaan Permanen

Pada dasarnya, Glaukoma atau penyempitan lapang pandang yang terjadi bisa dipertahankan agar tidak terhindar dari kebutaan permanen.

183
0
BERBAGI
penyembuhan glaukoma

Bisakah Glaukoma Sembuh?
Banyak orang bertanya-tanya, tentang Glaukoma ini. Apakah penderita Glaukoma harus buta permanen, atau bisa disembuhkan?


Faktanya, Glaukoma memang tidak bisa disembuhkan, namun sisa lapang pandang atau penglihatan penderitanya dapat dipertahankan agar tetap bisa melihat. Meski, memiliki lapang pandnag yang terbatas, namun penderita Glaukoma bisa menghindari kebutaan permanen.

Bebas dari buta permanen apabila Glaukoma yang dialami bersifat reversible

Bila penyebab kebutaannya atau penyempitan lapang pandang pada penderita Glaukoma ini termasuk reversible (dapat diperbaiki), maka besar harapan penderita Glaukoma untuk tetap mempertahankan kemampuan melihatnya.

Dokter Spesialis Mata dr. Idham Mustahid, SpM menjelaskan,  Glaukoma merupakan penyakit yang merusak papil syaraf optik yang disebabkan peningkatan tekanan bola mata.

Dibalik Glaukoma yang dikenal sebagai si Pencuri Penglihatan, sekaligus salah satu penyebab kebutaan terbesar ternyata ada jenis Glaukoma yang bisa mempertahankan lapang pandan untuk menghindari kebutaan permanen.

Baca juga: Hati-Hati! Penyakit Mata Ini Masuk Kategori Gawat

Sebab, ada Glaukoma dengan penyebab kebutaan yang reversible (dapat diperbaiki). Dokter Idham menyebut, ada 2 cara atau tindakan yang bisa mempertahankan lapang pandang penderita Glaukoma, yakni:

  1. Obat-obatan
    Penggunaan obat-obatan merupakan pengobatan pada penyakit Glaukoma yang bertujuan mengontrol tekanan bola mata agar terjaga dalam tekanan yang normal. Sehingga, pasien harus rutin kontrol untuk mengevaluasi kondisi tekanan bola matanya.
  2. Tindakan Operatif
    Operasi dilakukan ketika pemberian obat dan terapi laser tidak efektif menangani Galukoma pada pasien.

Karena itu, penting bagi pasien untuk tetap melakukan konsultasi dan pemeriksaan rutin agar Dokter Spesialis Mata dapat menentukan tindakan terbaik yang dibutuhkan pasien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here