Beranda Penyakit Mata Hujan Sebabkan Infeksi Mata! Lakukan Hal Ini Bila Terjadi

Hujan Sebabkan Infeksi Mata! Lakukan Hal Ini Bila Terjadi

43
0
BERBAGI
hujan sebabkan infeksi mata
Woman in optique glasses with blue shadow and warm knit jacket

Awal tahun 2021 tentu menjadi tahun baru yang tepat untuk memulai segala aktivitas baru dan memulai mewujudkan resolusi. Namun, ada satu hal yang selalu datang berbarengan dengan tahun baru. Yakni musim hujan. Selain membawa berkah, ada pula risiko yang dibawa. Faktanya, hujan sebabkan infeksi mata.

Karena hujan berpotensi menyebabkan infeksi mata, maka Anda sudah seharusnya waspada dan melakukan tindakan yang dapat mencegahnya. Bila Anda sudah mengetahui risiko ini, maka Anda bisa melakukan aktivitas lebih tenang dengan menerapkan kiat-kiat pencegahan.

Infeksi mata adalah penyakit mata yang terhadi akibat adanya bakteri, jamur, parasit, atau virus yang menginfeksi mata. Infeksi mata ini bisa terjadi pada satu mata atau dua mata sekaligus.

Hujan sebabkan infeksi mata

Menggunakan kacamata di  musim hujan adalah hal yang paling tepat digunakan masyarakat. Karena kacamata di musim hujan dapat menghindari seseorang dari risiko infeksi mata. Menggunakan kacamata berfungsi mencegah masuknya bakteri yang terbawa oleh hujan.

Kacamata ini juga dapat melindungi dari percikan air. Pada saat musim penghujan seperti ini banyak yang mengabaikan ketika air hujan masuk ke dalam mata. Air hujan yang kotor dan tidak steril punya risiko terkena virus dan bakteri.

Hal-hal itulah yang patut Anda waspadai. Karena itu, bukan hanya batuk, pilek dan demam saja yang patut diwaspadai ketika musim penghujan berlangsung. Jadi, bila Anda sering terkena infeksi mata di saat musim hujan seperti ini, maka bisa jadi Anda belum melakukan kiat pencegahan infeksi mata karena hujan ini. Jadi, perlu diingat bahwa hujan sebabkan infeksi mata yang cukup menganggu.

Artikel Terkait:
Inilah Alasan Cuci Tangan Bisa Membuat Mata Sehat
3 Kebiasaan Saat Mata Kelilipan Ini Harus Dihindari
2 Trauma, Pertanda Mata dalam Keadaan Sangat Gawat

Adapun beberapa jenis infeksi mata yang berisiko terjadi karena hujan. Yakni, Konjungtivitis dan  ulkus kornea.

  1. Konjungtivitis
    Konjungtivitis adalah infeksi membran luar bola mata dan kelopak mata bagian dalam.
  1. Ulkus kornea
    Ulkus kornea merupakan luka terbuka yang terjadi pada kornea.

Lakukan Hal Ini Bila Terjadi Infeksi Mata
Bila kondisi mata tak sengaja terkena air hujan, maka jangan langsung mengucek mata dengan tangan dan segera bilas dengan air bersih.

Mengapa demikian?
Sebab air hujan yang kotor akan mengakibatkan risiko infeksi semakin besar akibat tangan yang juga tidak bisa dijamin bersih. Bahkan tangan yang kotor, dapat membuat bakteri atau jamur semakin berkembang.

Bila infeksi sudah terjadi, maka segera lakukan langkah pertolongan pertama ini:

  1. Bilas mata
    Gunakan larutan garam atau air bersih dengan menggunakan eyecups atau gelas kecil yang ditempelkan di tepi rongga mata atas dan bawah
  2. Berkedip
    Hal ini dapat membantu menghilangkan sedikit debu atau pasir di mata Anda. Pergerakan kelopak mata atas ke kelopak mata ke bawah membuat benda asing terjatuh. Sebab, bulu mata akan membantu menghilangkan sedikit benda asing yang terjebak di dalam kelopak mata.
  3. Gunakan kacamata hitam
    Saat beraktivitas di luar, bekas goresan di mata akan membuat mata lebih sensitif terhadap cahaya. Bila masih merasa tidak nyaman, maka segera berkonsultasi ke dokter mata.

Meski risiko infeksi mata akibat hujan ini cukup mengganggu, Anda harus tetap aktif beraktivitas dan menjaga kesehatan agar semua urusan menjadi lancar. Karena hujan tidak boleh menghalangi aktivitas Anda.

Selain menjaga imunitas tubuh agar tetap sehat, Anda juga harus tahu bagaimana cara menangani infeksi mata yang disebabkan oleh hujan, termasuk menjaga kesehatan mata dari berbagai masalah. Sekali lagi, Anda perlu mengingat bahwa hujan sebabkan infeksi mata.

Tonton video edukasi tentang kesehatan menarik lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here