screen time
Diposting oleh :

Atur Screen Time untuk Menjaga Penglihatan, Simak Aturannya!

Di era digital dewasa ini, banyak dari aktivitas kita sehari-hari yang melibatkan penggunaan gawai (gadget). Aktivitas menatap layar atau screen time menjadi kian lekat dengan keseharian kita. 

Lantas, apa dampaknya bagi kesehatan mata kita? Berapa lama sih sebaiknya kita menggunakan gawai?

Apa yang Dimaksud dengan Screen Time?

Secara harfiah, screen time berarti waktu layar. Layar yang dimaksud di sini adalah layar digital. Istilah screen time muncul seiring dengan kian terdigitalisasinya kehidupan kita.

Segala aktivitas yang terkait dengan menatap layar, seperti menonton televisi, bekerja dengan komputer, main video game, tergolong ke dalam screen time

Baca juga: Bolehkah Menggunakan Softlens Tak Sesuai Ukuran?

Jika dilakukan dalam jangka waktu lama, screen time tentu saja dapat membawa implikasi buruk bagi kesehatan. Pasalnya, saat kita melakukan screen time, tubuh kita cenderung tidak banyak bergerak.

Selain dapat mengganggu pola tidur, screen time yang dilakukan dalam jangka waktu lama dan terus menerus dapat pula berkontribusi terhadap obesitas, yang akhirnya meningkatkan risiko munculnya sejumlah penyakit terkait metabolisme.

Hubungan Screen Time dengan Kesehatan Mata

Lantaran aktivitas screen time sangat erat kaitannya dengan mata, maka kesehatan mata dapat pula ikut terdampak.

Gangguan paling umum terhadap mata yang dikaitkan dengan screen time adalah apa yang diistilahkan sebagai computer vision syndrome (CVS).

Secara medis, CVS merupakan sindrom kompleks yang disebabkan oleh kelelahan sistem penglihatan karena terlalu lama bekerja di depan layar.

Istilah computer vision syndrome diperkenalkan pertama kali oleh kalangan dokter mata Amerika pada tahun 1998, tatkala mulai munculnya fenomena kombinasi perubahan pada bola mata yang terjadi saat menggunakan komputer.

computer vision syndrome (mata lelah karena screen time)
Mata lelah bisa dikarenakan oleh aktivitas di depan layar digital.

Baca juga: Rabun Dekat pada Anak Bisa terjadi Akibat Hal Ini

Menurut dr. Heri Wijayanto, Sp.M, dokter mata dari RSUD Cilincing, lelah, termasuk yang terkait dengan screen time, sering menimbulkan rasa tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Meski demikian, lanjut dr. Heri, mata lelah umumnya bukan masalah serius dan bisa hilang dengan sendirinya.

“Mata lelah adalah gangguan mata yang disebabkan oleh penggunaan mata dalam jangka waktu yang lama tanpa istirahat,” kata dr. Heri.

Menurut dr. Heri, gejala mata lelah antara lain sebagai berikut.

  • Mata terasa nyeri
  • Gatal
  • Mata berair
  • Mata terasa kering
  • Pandangan kabur dan berbayang
  • Sensitif terhadap cahaya

Baca juga:
Katarak
Operasi Katarak
Operasi Katarak Gratis

“Bisa juga disertai nyeri leher dan nyeri kepala. Gejala-gejala tersebut, apabila terkait dengan aktivitas screen time,” papar dr. Heri.

Berapa Lama Waktu Ideal Menggunakan Gadget?

Karena screen time dan CVS terkait erat dengan aktivitas menggunakan gawai alias gadget, maka pertanyaan mendasarnya yaitu kira-kira berapa lama waktu ideal dalam menggunakan gadget?

Menurut National Eye Center (NEC), berdasarkan rentang usia penggunanya, terdapat durasi waktu istirahat ideal dalam hal penggunaan gadget, yakni sebagai berikut.

  • Usia 3-5 tahun, 1 jam sekali atau setiap 30 menit, dengan durasi 10-15 menit.
  • Usia 6-8 tahun, setiap 1,5-2 jam, dengan durasi 15-20 menit.
  • Dewasa, setiap 2 jam, dengan durasi 20-30 menit.

Baca juga: LASIK

Cara Mengistirahatkan Mata Setelah Menggunakan Gadget

Di era yang nyaris serba digital ini, penggunaan gadget dan aktivitas menatap layar tak akan pernah bisa dilepaskan dari kehidupan kita semua.

Solusi untuk mengatasi implikasi buruk dari penggunaan gadget terhadap indera penglihatan kita yaitu dengan menerapkan pola istirahat saat menggunakan gadget.

Caranya, menurut dr. Heri, yaitu dengan mengaplikasikan formula 20-20-20. “Istirahat setiap 20 menit. Lihat objek yang berjarak 20 kaki, selama 20 detik,” jelas dr. Heri.

Selain itu, tambah dr. Heri, atur screen time, misalnya dengan melakukan pembatasan 2 jam sehari. “Saat akhir pekan, bebas gadget, menjalankan hobi, olahraga, istirahat,” sebutnya.

Dalam hal penggunaan komputer, dr. Heri memberi saran pula agar monitor komputer diupayakan tidak memantulkan cahaya, apakah itu cahaya dari lampu atau apakah itu cahaya dari luar. 

Baca juga: Si Kecil Butuh Kacamata Anak Bila Mengalami Hal ini 

“Jaga jangan sampai kotor. Karena kalau kotor akan menimbulkan pembiasan. Untuk itu, monitor harus dibersihkan. Komputer atau layar handphone sebaiknya diberi filter untuk menabir sinar biru,  dan modenya diatur pada mode gelap,” demikian dr. Heri memberi rekomendasi.

mata lelah karena menatap layar hp atau laptop (screen time)
Istirahat dibutuhakan tatkla bekerja di depan komputer.

Sahabat, menjaga kesehatan mata, penting untuk kita upayakan. Mengatur durasi screen time dan menerapkan pola istirahat dalam menggunakan gadget atau gawai adalah bagian dari upaya menjaga kesehatan mata.

Tak kalah pentingnya pula yakni melakukan pemeriksaan mata secara rutin di klinik mata terdekat di kota Anda.

Baca juga: Daftar Artis yang Pernah Operasi LASIK, Begini Ceritanya

Bagi Anda yang memiliki keluhan atau gangguan mata dan ingin melakukan konsultasi dokter mata, tak perlu sungkan untuk segera menghubungi doktermata.co.id.

Untuk update terkini informasi dan edukasi kesehatan mata, silakan simak dan ikuti terus kanal media sosial kami.

Sumber: dr. Heri Wijayanto, Sp.M

Bagikan:

Berikan Komentar