dampak membaca di tempat gelap
Diposting oleh :

Bahaya! Ada Dampak Membaca di Tempat Gelap Yang Perlu Diketahui

Membaca merupakan salah satu aktivitas positif karena dengan membaca dapat menambah ilmu serta wawasan mengenai segala hal, namun perlu diketahui jika membaca ditempat yang kurang cahaya akan timbul dampak membaca di tempat gelap. Membaca memang sangat penting untuk kebutuhan ilmu serta menambah wawasan baru.

Aktivitas membaca sebaiknya dilakukan dengan cara yang tepat supaya terhindar dari hal buruk yang disebabkan oleh dampak membaca di tempat gelap. Salah satu indra yang berperan penting saat membaca yaitu mata, apabila membaca dilakukan dengan cara yang salah maka mata akan merasakan dampak buruknya yang paling awal, salah satunya akan mengalami mata lelah. 

Maka dari itu penting memperhatikan posisi yang benar saat membaca supaya hanya dapat merasakan dampak positifnya dan terhindar dari dampak negatif saat membaca dengan cara yang salah. Untuk kalian yang ingin tahu dampak membaca di tempat yang gelap, silahkan simak penjelasan berikut ini! 

Baca juga :
– Katarak
– Operasi Katarak
Operasi Katarak Gratis 

dampak membaca di tempat gelap

Dampak Membaca di Tempat Gelap untuk Mata

Perlu diketahui dampal membaca ditempat gelap memang tidak memberikan kerusakan permanen pada mata, namun tetap saja apabila aktivitas tersebut dilakukan dalam jangka waktu yang panjang akan menimbulkan dampak pada mata maupun anggota tubuh lainnya. Selagi dapat membaca dengan cara yang baik dan benar maka anjuran dokter mata menyarankan membaca dilakukan dengan cara tersebut. 

Meskipun mata dirancang dengan canggih yaitu dapat  menyesuaikan dengan tingkat cahaya yang berbeda yang dimana bila mencoba membaca dalam ruang yang gelap, pupil mata  akan membesar untuk menerima lebih banyak cahaya melalui lensa ke retina. Sel-sel di retina mata akan menggunakan cahaya ini untuk memberikan informasi ke otak tentang apa yang kamu lihat. 

Namun tetap saja akan timbul dampak membaca di tempat gelap, mungkin beberapa dampak berikut ini akan dirasakan saat membaca ditempat gelap yang berlangsung dengan lama, antara lain : 

  • Ketegangan Mata (Asthenopia): dampak membaca di tempat gelap dapat menyebabkan mata tegang karena mata harus bekerja extra untuk fokus pada teks dalam keadaan gelap. Ini bisa mengakibatkan gejala seperti mata lelah, nyeri di sekitar mata, dan sakit kepala.
  • Penglihatan Kabur: Akibat berikutnya membaca dalam pencahayaan yang kurang dapat menyebabkan penglihatan kabur sementara. Begitu mata beristirahat dan diberi pencahayaan yang cukup, penglihatan biasanya akan kembali normal.
  • Meningkatkan Risiko Mata Kering: Saat sedang membaca dengan kondisi pencahayaan yang kurang yang membuat mata bekerja extra untuk fokus pada teks, sehingga membuat mata jarang berkedip, yang dapat menyebabkan mata kering dan iritasi.

Untuk pasien mata yang sudah mengalami gangguan pada mata misalnya mata minus, mata silinder dan lain sebagainya, dianjurkan untuk tidak membaca ditempat gelap karena berisiko bisa memparah kondisi yang sudah ada. 

Baca juga :
– Lasik
– Manfaat Serum Bulu Mata yang Harus Anda Ketahui
– Keratomalacia : Gangguan Mata Yang Muncul Akibat Kekurangan Vitamin A

dampak membaca di tempat gelap

Anjuran Posisi saat Membaca yang Baik untuk Mata

Supaya terhindar dari dampak membaca di tempat gelap, maka dokter mata akan memberikan anjuran posisi membaca yang baik untuk menjaga kondisi kesehatan mata. Berikut ini beberapa anjuran posisi membaca yang baik untuk mata, antara lain : 

  • Pencahayaan yang cukup : Langkah awal untuk terhindar dari dampak membaca di tempat gelap yaitu dengan memastikan pencahayaan saat membaca itu tercukupi. Misalnya dengan menggunakan cahaya alami dengan memastikan ventilasi rumah dapat menerima cahaya matahari dengan baik atau juga saat malam hari menggunakan lampu baca.
  • Jarak dan posisi membaca : Jaga jarak membaca antara 35-40 cm dari mata. Ini adalah jarak optimal untuk mencegah ketegangan mata serta duduk dengan punggung tegak dan leher dalam posisi netral.
  • Istirahat yang cukup : Aturan 20-20-20, yaitu setiap 20 menit alihkan pandangan dari buku atau layar dan fokus pada objek yang berjarak sekitar 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Perhatikan juga durasi berkedip agar mata tetap lembab dan terhindar dari kekeringan.
  • Menggunakan kacamata yang sesuai : Apabila mengalami kelainan Refraksi pada mata sebaiknya gunakan kacamata yang sesuai dengan anjuran resep kacamata dari dokter mata. 
  • Pengaturan layar digital : Apabila membaca dengan menggunakan media digital seperti Gadget atau Laptop, maka sebaiknya atur kontras kecerahan layar dan gunakan kacamata anti radiasi sinar biru. 

dampak membaca di tempat gelap

Periksa Ke Dokter Mata 

Langkah yang terakhir untuk terhindar dari dampak membaca di tempat gelap yaitu rutin untuk periksa dan konsultasi dokter mata. Dengan melakukan periksa rutin yaitu 6 bulan atau 1 tahun sekali maka kondisi kesehatan mata dapat terpantau secara berkala sehingga dapat mencegah terjadi hal yang tidak diinginkan. 

Jadi, ayo untuk selalu menjaga kesehatan mata dengan memastikan posisi membaca sudah baik dan benar yang sesuai dengan anjuran dokter mata. Ingat mata adalah organ yang penting sehingga harus selalu diperhatikan kondisi kesehatannya. 

 

Saksikan juga video lain tentang kesehatan mata di bawah ini : 

 

Bagikan:

Berikan Komentar