mengucek mata
Diposting oleh :

Berhenti Mengucek Mata! Ada Bahaya Mengintai

Saat mata terasa gatal, atau pas baru bangun tidur, entah disengaja maupun tidak disengaja, kalian mungkin mengucek-ngucek mata. Namun, tahukah kalian bahwa ternyata ada bahaya mengintai dari aktivitas mengucek mata ini. Apa saja sih bahayanya? Yuk, simak paparannya berikut ini.

Beberapa Penyebab Mengucek Mata

Menurut dr. Ruchyta Ranti, Sp.M, dokter mata dari National Eye Center, Surabaya, Jawa Timur, terdapat beberapa penyebab kita mengucek atau menggosok mata. Salah satunya yaitu alergi. “Karena gatal, akhirnya kita mengucek mata,” jelasnya.

Selain itu, gangguan tidur dan penggunaan lensa kontak juga bisa mendorong kita menggosok mata. Diterangkan dr. Ruchyta, terkadang lensa kontak membuat mata kering sehingga iritasi dan terasa gatal.

Gangguan Refraksi juga dapat membuat mata terasa gatal. “Apabila kita punya Mata Minus, Plus, maupun Silinder yang menyebabkan penglihatan jadi kurang jelas, kadang dengan mengucek mata penglihatan jadi lebih jelas beberapa saat,” sebut dr. Ruchyta.

Hal lainnya, kata dr. Ruchyta, yang bisa jadi penyebab menggosok mata yaitu mata kering, radang infeksi kelopak mata, batuk-pilek serta masuknya benda asing pada mata.

Baca juga:

6 Tips Merawat Kacamata dengan Tepat

Fakta Tipisnya Retina Sama dengan Besarnya Minus

Operasi Katarak Gratis

Bahaya Mengucek Mata

Mengucek-ngucek mata selintas terlihat seperti sepele. Tapi, ternyata ada hal-hal yang bisa terjadi saat kita melakukan hal tersebut. Demikian ditegaskan oleh dr. Ruchyta.

“Terlalu banyak mengucek atau menggosok mata dapat berdampak buruk bagi mata dan penglihatan,” tegas dr. Ruchita seraya menambahkan bahwa tindakan tersebut mungkin memberikan kelegaan fisik sementara, namun sekaligus dapat menyebabkan kerusakan mata lebih lanjut.

Menurut dr. Ruchyta Ranti, Sp.M, terdapat beberapa hal serius yang dapat terjadi saat kita mengucek mata. Apa saja?

1) Luka pada Kornea

Apabila, misalnya, ada benda asing pada mata, walau kecil atau halus sekali, dan lantas kita mengucek mata, maka ini bisa melukai Kornea mata. Jika kita lakukan secara terus-menerus, luka dapat terakumulasi dan menimbulkan kerusakan dan bahkan infeksi yang serius.

2) Perpindahan kuman

Mengucek mata dapat membuat perpindahan bakteri atau kuman dari tangan atau area sekitar kelopak mata dan masuk ke permukaan bola mata. Nah, kalau ada kuman masuk ke permukaan bola mata itu bisa juga menyebabkan timbulnya infeksi pada mata.

3) Penipisan Kornea

Mengucek-ngucek mata dapat membuatKornea bisa menjadi tipis dan mungkin juga mulai berubah bentuk, lebih cembung, sehingga lebih berbentuk kerucut daripada bulat. Kondisi ini disebut Keratokonus. Apabila kita mengucek mata terus-menerus, maka kondisi Keratokonus ini, yang sebelumnya itu tidak ada atau tidak muncul, bisa saja malah muncul karena kita terus menerus mengucek mata.

Tidak membiasakan untuk mengucek mata adalah salah satu cara pencegahan mata bengkak
Tidak membiasakan untuk mengucek mata adalah salah satu cara pencegahan mata bengkak.

4) Iritasi Kelopak Mata

Saat mengucek mata, pembuluh darah halus di bawah kelopak mata bisa pecah, menyebabkan memar yang juga memperparah lingkaran hitam pada mata. Karena iritasi terus menerus, maka muncul lingkaran hitam di sekitar mata. Hal ini juga membuat kulit sekitar mata lebih kendur dan mempercepat timbulnya kerutan di daerah mata.

5) Tekanan mata meningkat

Mengucek mata memberi pula tekanan di dalam mata menjadi meningkat dan fluktuatif. Bagi mereka yang mengidapGlaukoma, hal  ini dapat  memperparah kondisi Glaukoma-nya.

6 Pelepasan histamin

Mengucek mata dapat memicu pelepasan histamin, yang dapat memperberat kondisi alergi.

Baca juga:

Katarak

Operasi Katarak

LASIK

Haruskah Mengucek Mata Apabila Mata Gatal?

Bagaimana kalau mata kita gatal?Perlukah kita menguceknya? Bisa dibilang mata gatal sangat umum terjadi. Kita semua pernah mengalaminya. Selain karena alergi, mata gatal mungkin saja terkait dengan adanya kuman atau virus.

Mengucek mata saat mata gatal sangat tidak disarankan. Seperti telah dijelaskan di muka, mengucek mata justru dapat menimbulkan gangguan yang serius pada mata.

Dalam banyak kasus, obat tetes mata atau air mata buatan mungkin dapat meredakan mata gatal. Mengompres mata dengan waslap yang bersih, dingin, dan lembab mungkin pula dapat meringankan mata gatal.

Melakukan Konsultasi Dokter dan Pemeriksaan

Mata gatal yang terus-menerus, meski telah melakukan kompres atau mencoba pengobatan tetes mata, perlu segera dipastikan penyebab dan penanganannya.

Bagaimanapun, mengobati mata gatal yang paling tepat dan efektif tentu saja adalah mengatasi akar penyebabnya. Maka, melakukan konsultasi dokter mata bakal  membantu untuk segera memastikan penyebab dan sekaligus menentukan langkah medis yang paling efektif dalam mengatasi mata gatal.

 

Periksa mata
Periksa mata. Foto: allaboutvision.com.

Bagi kalian yang memiliki keluhan ataupun gejala gangguan mata, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Jangan lupa, simak dan ikuti update terkini seputar informasi dan edukasi kesehatan mata lewat kanal-kanal medsos kami.

Sumber: dr. Ruchyta Ranti, Sp.M

Bagikan:

Berikan Komentar