HomeBerita MataCek Biaya Tes Buta Warna di Sidoarjo 2021

Cek Biaya Tes Buta Warna di Sidoarjo 2021

Saat ini para calon mahasiswa sedang berbondong-bondong mencari fasilitas kesehatan mata untuk melakukan tes buta warna. Kali ini, Dokter Mata akan memberikan informasi terkait biaya tes buta warna di Sidoarjo.

Sebagai masyarakat Sidoarjo dan sekitarnya, info terkait harga tes buta warna ini akan sangat membantumu dalam melakukan perbandingan. Sebenarnya, berapa biaya tes buta warna di Sidoarjo? Tentu saja variatif.

Beberapa orang menganggap tes untuk buta warna ini hanya sebagai formalitas. Namun, taukah kamu? Sebagian besar orang yang menderita buta warna justru baru mengetahui kondisinya ketika dewasa loh.

Bisa jadi, ketika kamu melakukan pemeriksaan buta warna atau tes kesehatan mata dasar untuk keperluan pendidikanmu, justru fakta mengejutkan yang kamu dapatkan. Yakni, terdiagnosis sebagai penderita buta warna. Padahal biayanya sendiri bisa dibilang terjangkau dan bisa dilakukan sedini mungkin.

BIAYA TES BUTA WARNA
Tampilan Ishihara yang digunakan untuk tes buta warna

Artikel Terkait: Mengenal Jenis Buta Warna! Nomor 3 Paling Mengkhawatirkan

Biaya Tes Buta Warna Bergantung Lokasi & Layanan

Rata-rata biaya atau harga tes buta warna ini memang berkisar Rp. 30 ribu hingga Rp. 50 ribu. Ada beberapa hal yang membuat tes buta warna ini berbeda-beda, diantaranya:

  1. Jenis fasilitas kesehatan
    Bisa jadi Anda memilih fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) seperti klinik umum atau puskesmas.
  2. Jenis layanan kesehatan
    Nah, di sebauh fasilitas kesehatan pasti ada pilihan jenis layanan ya. Biaya tes buta warna akan menjadi berbeda bila Anda memilih layanan VIP atua kelas di atasnya. Maka itu, pastikan terlebih dahulu, apakah kamu memilih layanna umum/VIP/VVIP atau layanan lain yang ada di fasilitas kesehatan. Setiap fasilitas kesehatan menyediakan jenis layanan yang berbeda-beda.
  3. Kelengkapan pemeriksaan
    Biasanya, di klinik mata atau Rumah Sakit yang ada di Sidoarjo memberikan pemeriksaan mata lengkap. Jadi tidak hanya terkait tes buta warna, melainkan tes visus dan kesehatan mata dasar lainnya. Tak hera, bila biayanya jadi lebih mahal dibandingkan dengan pemeirksaan tes buta warna saja atau hanya menggunakan Ishihara saja.

Artikel Terkait: 5 Hal Tentang Buta Warna Ini Patut Diketahui

Dari berbagai sumber informasi yang Dokter Mata dapatkan, terdapat 3 range biaya pemeriksaan atau tes buta warna di Sidoarjo. Data ini, Dokter Mata kumpulkan dari sumber website kesehatan, hingga website RS atau klinik kesehatan mata.

Rata-Rata Biaya Tes Buta Warna di Sidoarjo Tahun 2021

  • Tingkat FKTP 1
    Rp. 15 Ribu s.d Rp. 30 Ribu
    FKTP 1 ini mungkin lebih familiar dengan sebutan puskesmas ya, meskipun banyak dari klinik yang setara FKTP 1. Sehingga, biaya di FKTP 1 sama dengan biaya tes buta warna di puskesmas. Dimana tes yang dilakukan merupakan tes buta warna menggunakan Ishihara tanpa konsultasi dokter dan pemeriksaan mata dasar lain.
  • Klinik Mata & RS (Layanan standar/umum)
    Rp. 85 Ribu s.d Rp. 200 Ribu
    Bila melakukan tes buta warna di Klinik Mata atau Poli Mata di Rumah Sakit, maka kamu akan mendapatkan lebih. Diantaranya pemeriksaan mata dasar lain seperti visus hingga tekanna bola mata dan anatomi mata lainnya. Menariknya, untuk beberapa klinik mata atua RS juga memberikan layanan konsultasi dokter spesialis mata.


Artikel Terkait: Mengenal Buta Warna Beserta Jenisnya

Berlomba memberikan penawaran spesial

Dokter Mata menemukan berbagai program atau penawaran menarik dari Klinik mata atau RS terkait tes buta warna. Ada satu penawaran spesial yang bisa kalian gunakan untuk kebutuhan persyaratan masuk ke perguruan tinggi.

BIAYA TES BUTA WARNA

Ada special offer dari Klinik Mata KMU Sidoarjo yang bisa kalian manfaatkan bersama teman-teman. Yakni, cukup membayar Rp. 150 Ribu untuk pemeriksaan atau tes buta warna 4 orang sekaligus.

Tentunya lebih hemat Rp. 450 Ribu, sebab biaya normal atau layanan umum di KMU Sidoarjo ini sebesar Rp. 150 ribu. Dengan memanfaatkan penawaran ini, masing-masing orang hanya perlu mengeluarkan budget Rp. 37.500,-, dan mendapatkan fasilitas berikut:
– Pemeriksaan mata dasar (Visus, Buta Warna, Tekanan Bola Mata, dll)
– Surat keterangan kesehatan
– Konsultasi dokter mata

Semoga informasi biaya tes buta warna di Sidoarjo ini membantu kalian ya.

Tonton video edukasi tentang kesehatan menarik lainnya:

https://www.youtube.com/watch?v=1pOJwyuYFf8

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

DOKTER MATA