Mewabahnya  virus Corona atau Covid 19 memang sudah membuat masyarakat
semakin peduli dengan berbagai hal terkait kesehatan. Bahkan, saat ini sudah
terlihat berbagai sabun dan air mengalir sebagai fasilitas masyarakat yang
hendak melakukan akses di suatu tempat.

Meski hal ini baru dilakukan karena wabah virus Corona dan Covid 19
yang  mencuri perhatian masyarakat dunia, sebenarnya budaya mencuci tangan ini
bisa menghindarkan manusia dari berbagai virus.

Artikel Terkait:
3 Cara Penanganan Pertama Konjungtivitis Vernal

Cuci Tangan dan Konjungtivitis

Berdasar artikel yang bersumber dari dokter spesialis mata dr. Sahilah Ermawati, SpM, dengan cuci tangan tak hanya virus COVID 19 atau Corona yang bisa terhalau. Adapula virus yang mengganggu kesehatan mata seperti Konjungtivitis yang bisa cukup membahayakan.

Mata adalah jendela dunia yang harus dijaga dengan baik. Melalui aktivitas kecil yang rutin, seperti cuci tangan maka kesehatan mata akan terjaga dan terhindar dari konjungtivitas. Karena penularannya terjadi karena kontak antar tangan, sehingga virus ini mudah menular pada kelompok besar.

—- Artikel Terkait: 11+ Daftar Penyakit Mata Yang Ditangani Dokter Mata —-

Penularan Konjungtivitis

Dijelaskan, dokter Sahilla, Apabila satu anak di sebuah sekolah terkena Konjungtivitis, maka satu kelas bisa tertular semua. Sebab, enularannya adalah bukan dari kontak mata, tapi kontak antara tangan penderita dengan lainnya, yang kemudian memegang mata atau mengucek mata.

Berbeda dengan penyakit generatif seperti Katarak, Mata minus (Miopi) yang hanya bisa disembuhkan oleh Lasik, Glaukoma, dan penyakit mata yang membutuhkan tindakan operasi untuk penyembuhannya. Konjungtivitis ini bisa dicegah dengancarah yang cukup mudah, yakni menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

—- Artikel Terkait: Daftar Klinik Mata Penerima BPJS Kesehatan di Jawa Timur —-

Kekuatan Cuci Tangan

Cuci tangan dalam hal ini cukup penting sekali, dalam mencegah penularan, menghambat penyakit menjadi lebih parah dan mengobati agar sakitnya membaik. Cuci tangan yang baik, adalah cuci tangan menurut WHO. Lakukan cuci tangan mulai sekarang! Komitmen dari aktivitas ini akan membawa dampak baik bagi kesehatan masa depan.

Konjungtivitis
Contoh konjungtivitis, sumber: KMU

Kapan Harus ke Dokter Mata?

Bila memang Anda mengalami Konjungtivis, maka sebaiknya segera memeriksakan ke dokter mata atau klinik mata terdekat. Terlebih, Anda sudah mengalami berbagai keluhan yang menyakitkan dan tidak kunjung sembuh dalam kurun waktu yang cukup lama.

Selain menimbulkan hal yang tidak nyaman pada aktivitas Anda, hal ini bisa berisiko menimbulkan penyakit mata lain yang tak terduga. Jadi, jangan ragu untuk periksa ke klinik mata bila mengalami konjungtivitis dengan keluhan yang sangat mengganggu atau menyakitkan.

Tonton Video Tentang Kesehatan di Bawah Ini

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here