Amaurosis Fugax
Diposting oleh :

Hati-Hati dengan Amaurosis Fugax yang Mengancam Penglihatan!

Pernahkah Anda mengalami kehilangan penglihatan secara tiba-tiba dalam beberapa saat? Bisa jadi itu adalah Amaurosis Fugax atau kebutaan sementara, di mana seseorang tidak bisa melihat apapun, tetapi kemudian penglihatan kembali normal dalam beberapa detik.

Istilah Amaurosis Fugax ini mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang, termasuk Anda. Mungkin Anda juga bertanya-tanya, apakah kondisi ini berbahaya? Bagaimana cara penanganannya?

Nah, agar tidak salah langkah, yuk kenali dulu penyebab dan gejala Amaurosis Fugax dalam ulasan berikut!

Penyebab Amaurosis Fugax

Sebelum mempelajari penyebabnya, ada baiknya ketahui dulu apa itu Amaurosis Fugax. Amaurosis Fugax merupakan kondisi di mana penglihatan hilang secara tiba-tiba dalam waktu singkat yang dapat terjadi pada salah satu ataupun kedua mata.

Kondisi ini mungkin lebih umum dikenal dengan sebutan kebutaan monokular sementara. Biasanya muncul secara mendadak dan akan membaik dalam beberapa detik atau menit. Penyebab utamanya adalah kurangnya aliran darah yang menuju ke Retina mata.

Retina sendiri adalah lapisan jaringan di belakang bola mata yang berperan menangkap cahaya dari luar, kemudian diinterpretasikan oleh otak membentuk gambar.

Amaurosis Fugax

Di Retina, terdapat pembuluh darah yang menyuplai oksigen dan nutrisi penting. Nah suatu ketika, pembuluh darah arteri di Retina sentral tersumbat dan mengurangi pasokan darah ke mata, sehingga mengakibatkan hilangnya penglihatan sesaat atau Amaurosis Fugax.

Jika tidak segera ditangani dengan benar, Amaurosis Fugax bisa mengakibatkan dampak yang lebih serius, termasuk kebutaan permanen dan meningkatkan risiko terkena Stroke.

Umumnya, sumbatan pembuluh darah di mata disebabkan oleh adanya plak (penumpukan kolesterol atau lemak) atau bekuan darah di dalamnya. Plak tersebut dapat terbentuk akibat beberapa faktor berikut :

  • Menderita Diabetes
  • Menderita Hipertensi dan Kolesterol tinggi
  • Menderita Penyakit Jantung
  • Memiliki riwayat Stroke turunan
  • Konsumsi alkohol berlebih
  • Perokok aktif
  • Berusia lanjut

Selain penyumbatan, ada beberapa kondisi medis lain yang dapat turut menyebabkan terjadinya Amaurosis Fugax, meliputi :

  • Gangguan pembuluh darah, seperti peradangan arteri (Poliarteritis Nodosa)
  • Peradangan pada saraf mata (Neuritis Optik)
  • Cedera kepala
  • Tumor otak
  • Multiple Sclerosis, yaitu suatu gangguan saraf pada otak, mata, dan tulang belakang
  • Lupus Eritematosus Sistemik, sebuah penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan di berbagai bagian tubuh

Pada kasus yang jarang terjadi, Amaurosis Fugax juga bisa muncul akibat penyempitan secara mendadak pada pembuluh darah otak. Hal ini dapat terjadi saat melakukan aktivitas fisik yang intens dalam waktu yang lama, misalnya olahraga berat atau lari marathon.

Baca juga :
Waspada Penyebab Kebutaan Mata Yang Bisa Dihindari
Stroke Mata, Waspadai 5 Gejalanya Untuk Penanganan Cepat

Gejala yang Muncul

Amaurosis Fugax merupakan indikator dari suatu penyakit. Gejala Amaurosis Fugax mungkin bisa berbeda bagi setiap orang, tetapi beberapa gejala umum yang sering dikeluhkan meliputi :

  1. Kehilangan penglihatan sementara
    Ini merupakan gejala utama Amaurosis Fugax, di mana penglihatan hilang sejenak di satu atau kedua sisi mata yang berlangsung singkat.
  2. Pandangan tiba-tiba kabur atau silau
  3. Rasa tidak nyaman seperti ada tekanan di mata
  4. Sensasi “Tirai Turun” atau tiba-tiba penglihatan menjadi gelap dalam beberapa detik
    Banyak penderita Amaurosis fugax menggambarkan sensasi seperti tirai yang tiba-tiba menutupi mata mereka dan menghalangi penglihatan.
  5. Penglihatan terasa tertutup oleh kabut atau asap selama beberapa menit atau detik

Kondisi ini bisa terjadi secara tersendiri atau bersamaan dengan gejala saraf lainnya. Dalam beberapa kasus, ini bisa menjadi gejala dari Transient Ischemic Attack (TIA) atau serangan Stroke ringan. TIA menyebabkan gejala serupa Stroke yang bersifat sementara.

TIA terjadi ketika pembuluh darah menuju otak mengalami penyumbatan sementara, yang menyebabkan gangguan fungsi otak sesaat karena aliran darah terhenti atau melambat.

Jika Amaurosis Fugax disertai dengan TIA, gejalanya dapat berupa kesulitan berbicara, wajah terkulai atau kaku di satu sisi, serta kelemahan mendadak di satu sisi tubuh. Stroke ringan ini harus segera ditangani demi mencegah terjadinya kebutaan permanen.

Baca juga :
Operasi Katarak
Operasi Katarak Gratis
LASIK

Kapan Anda Harus ke Dokter?

Amaurosis Fugax

Amaurosis Fugax memang tidak memerlukan tindakan operasi seperti Katarak. Namun, Jika Anda mengalami gejala seperti yang disebutkan di atas, segera kunjungi klinik atau rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan mata.

Pemeriksaan dini oleh dokter mata diperlukan untuk mendiagnosis penyakit lebih awal dan mencegah kondisinya menjadi lebih buruk. Untuk itu, jangan menunggu sampai gejalanya semakin memburuk dan mengancam penglihatan Anda.

Konsultasi dokter mata sangat penting untuk memastikan diagnosis yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Selanjutnya, dokter akan melakukan evaluasi untuk mengidentifikasi penyebabnya dan merencanakan pengobatan yang paling sesuai.

Perlu diingat bahwa Amaurosis Fugax bisa menjadi tanda peringatan penting dari timbulnya penyakit serius seperti risiko serangan Stroke. Oleh karena itu, pengobatan dan perawatan medis yang tepat sangatlah penting.

 

Tonton juga yuk video seputar kesehatan mata lainnya:

Bagikan:

Berikan Komentar