Home Teknologi Mata 3 Jenis Metode Lasik Ini Patut Kamu Ketahui

3 Jenis Metode Lasik Ini Patut Kamu Ketahui

Bila kamu memiliki keinginan ter ebas dari alat bantu mata, dan bisa melihat jelas tanpa halangan, maka kamu patut mengetahui jenis-jenis metode lasik ini.

Lasik (Laser-Assisted in situ Keratomileusis) adalah metode populer di dunia medis untuk memperbaiki kelainan mata minus, mata plus, mata silinder. Dijelaskan dr. M Nurdin Zuhri, Sp.M., bahwasanya operasi laser atau tindakan Lasik ini memang bisa digunakan untuk kelainan refraksi.

“Memang betul bahwa lasik adalah sebuah prosedur yang memerlukan ketelitian. Oleh karena itu, yang mengerjakan adalah dokter mata. Dan sebelum di lakukan lasik, akan dilakukan pemeriksaan oleh macam-macam alat medis, dengan tujuan agar keakuaratannya mendekati 100%,” papar pria kelahiran bulan Maret 1981 ini.

“Perlu dicatat, semua tindakan medis tentu ada risikonya, tidak menutup kemungkinan tindakan lasik,” lanjutnya. Pria asal Pasuruan ini juga menambahkan, operasi lasik kemungkinan bisa berakibat terjadinya infeksi, bisa terjadi inflamasi (radang), bisa juga timbul rasa nyeri.

Jenis Metode Lasik
Penting untuk mengetahui jenis metode lasik untuk menentukan tindakan terbaik

Namun untuk meminimalisir risiko, sebelum tindakan dilakukan persiapan dengan bagus. Seperti contohnya ketika kita naik pesawat. Apakah ada yang bisa menjadi penerbangan antar kota bisa 100% selamat? Tentu tidak. Oleh karena itu, dilakukan berbagai macam prosedur atau SOP agar aman sampai tujuan.

Artikel Terkait:

Bingung Pilih Lasik Atau Kacamata Saja? Ini Pertimbangannya

Operasi Lasik, Cara Menghilangkan Minus-Plus pada Mata


Miopia – Rabun Jauh atau Mata Minus

3 Jenis Metode Lasik ini perlu kamu pertimbangkan bila ingin menjalani Lasik

PRK

Generasi pertama Laser Vision Correction Photorefractive Keratectomy atau biasa disebut PRK adalah generasi pertama dari laser vision correction. Prosedur ini ditandai oleh ablasi pada permukaan kornea. Secara umum, proses pemulihan lebih lama dan memberi rasa kurang nyaman dibandingkan dengan teknik correction lainnya. Prosedur PRK masih tetap digunakan sesuai indikasi tertentu.

Keunggulan Lasik PRK
Aman digunakan untuk kondisi mata dengan berbagai indikasi (Seperti: kondisi Kornea yang tipis)

Jenis Metode Lasik PRK

Femto Lasik

Generasi Kedua Laser Vision Correction Laser-assisted in Situ Keratomileusis atau biasa disebut LASIK adalah generasi kedua laser vision correction. Proses pemulihan berlangsung cepat dan pasca operasi lebih nyaman daripada PRK, serta efek terjadinya mata kering pasca lasik lebih ringan.

Keunggulan Femto Lasik
– Proses berlangsung singkat
– Pemulihan cepat
– Bertahan seumur hidup

Jenis Metode Lasik Femto

Relex SMILE

Generasi Ketiga Laser Vision Correction Refractive Lenticule Extraction with Small Incision Lenticule Extraction, atau biasa disebut ReLex SMILE adalah generasi ketiga laser vision correction yang lebih canggih dari PRK dan LASIK. Keunggulan ReLEx SMILE
– Proses tindakan lebih cepat dari PRK & Lasik
– Minim rasa sakit, karena sedikit sayatan 2mm-4mm
– Pemulihan berlangsung sangat cepat, dibandingkan dengan metode lain

Jenis Metode Lasik SMILE

Tonton video edukasi tentang kesehatan menarik lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

DOKTER MATA