Kenali Kanker Mata Melanoma_ Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati
Diposting oleh :

Kenali Kanker Mata Melanoma: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati

Kanker mata melanoma adalah jenis kanker yang terjadi karena pertumbuhan abnormal pada sel-sel melanosit di mata. Sel melanosit ini merupakan sel penghasil pigmen gelap yang memberikan warna pada rambut, kulit, dan mata kita. Kanker ini biasanya muncul saat seseorang sudah menginjak usia dewasa. Kanker mata melanoma merupakan kanker mata primer, artinya kanker ini berasal dari sel-sel yang ada di mata itu sendiri. Oleh karena itu, sangat penting untuk mendapatkan perawatan mata khusus dan penanganan langsung dari dokter mata. Yuk, simak penjelasan lebih lanjut tentang penyebab, gejala, dan cara mengobati kanker mata melanoma agar kita bisa lebih waspada dan segera mendapatkan perawatan yang tepat!

Apa Itu Kanker Mata Melanoma?

Pengertian Kanker Mata Melanoma

Kanker mata melanoma adalah salah satu jenis kanker yang jarang terjadi tetapi sangat berbahaya. Melanoma ini bisa muncul di saluran uveal dan konjungtiva mata. Secara umum, melanoma berkembang pada sel-sel yang memproduksi melanin, pigmen gelap yang memberi warna pada rambut, kulit, dan mata kita. Ketika melanoma terjadi di mata, kondisi ini disebut juga sebagai melanoma okular. Melanoma okular berasal dari sel melanosit yang berfungsi menghasilkan pigmen tersebut.

Kanker mata melanoma sering kali sulit dideteksi pada tahap awal karena jarang menimbulkan gejala yang spesifik. Namun, seiring dengan berkembangnya penyakit ini, pertumbuhan sel kanker bisa menyebabkan gangguan penglihatan seperti munculnya floaters atau bahkan kebutaan, nah bukan hanya Katarak kan yang bisa menyebabkan kebutaan tapi kondisi ini juga. Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksakan kesehatan mata secara rutin agar dapat mendeteksi dan menangani kanker ini sejak dini.

Baca juga:
Operasi Katarak
LASIK
Waspada! Deteksi Gejala Kanker Mata pada Anak Sejak Dini

Penyebab dan Gejala Kanker Mata Melanoma

Penyebab

Penyebab Kanker Mata Melanoma

Kanker mata melanoma disebabkan oleh mutasi abnormal yang terjadi pada sel mata, sehingga menyebabkan sel penghasil pigmen pada mata membelah dan berkembang biak terlalu cepat. Ini menghasilkan gumpalan jaringan yang dikenal sebagai tumor. Sel kanker ini paling sering ditemukan pada sel lapisan tengah mata (uvea), tetapi juga bisa terjadi pada lapisan terluar di bagian depan mata (konjungtiva), rongga yang mengelilingi mata, dan kelopak mata. Penyebab pasti dari mutasi gen abnormal ini belum diketahui, tetapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker mata melanoma:

  • Menderita kondisi kulit tertentu, seperti dysplastic nevus syndrome
  • Mengalami kondisi kelebihan melanosit pada jaringan tertentu, sehingga terjadi hiperpigmentasi
  • Memiliki pigmen kulit yang cerah atau terang
  • Berusia lanjut atau lansia
  • Memiliki riwayat keluarga dengan kanker mata melanoma
  • Terkena paparan sinar matahari atau sinar UV secara terus-menerus

Gejala

Mengetahui gejala dan tanda-tanda kanker mata melanoma sangat penting agar dapat melakukan penanganan sesegera mungkin. Berikut ini adalah gejala atau ciri-ciri kanker mata yang perlu diperhatikan:

  • Pendarahan pada mata
  • Penglihatan tiba-tiba kabur atau menghilang
  • Mata merah
  • Mata terlihat seperti menonjol tidak normal
  • Bentuk, ukuran, dan warna mata berubah
  • Terasa nyeri pada mata
  • Terdapat bintik pada mata
  • Munculnya bintik gelap pada iris mata

Pada tahap lanjut, kanker mata melanoma bahkan bisa menimbulkan nyeri di sekitar mata, terutama jika kanker telah menyebar ke organ lain. Mengenali gejala-gejala ini dan melakukan konsultasi dokter mata dapat membantu mendeteksi kanker ini lebih awal dan mendapatkan perawatan yang tepat.

Baca juga:
Operasi Katarak Gratis
Ablasio Retina: Kenali Penyebab, Gejala, Serta 5 Opsi Pengobatannya
Pengaruh Makanan Berlemak pada Mata

Pencegahan dan Pengobatan Kanker Mata Melanoma

Pencegahan dan Pengobatan Kanker Mata Melanoma

Cara Pencegahan

Meskipun penyebab pasti kanker mata melanoma belum diketahui, Anda dapat mengurangi risiko terkena kondisi ini dengan menghindari beberapa faktor pemicunya. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Menghindari paparan sinar ultraviolet yang berlebihan: Selalu gunakan alat bantu penglihatan seperti kacamata pelindung saat melakukan terapi dengan lampu ultraviolet (sunbed) atau saat berada di bawah sinar matahari yang terik. Pilih kacamata hitam dengan perlindungan UV untuk melindungi mata Anda dari kerusakan akibat sinar ultraviolet.
  • Mengenakan alat pelindung mata: Saat melakukan aktivitas yang berisiko mencederai atau membahayakan mata, seperti bekerja dengan bahan kimia atau alat berat, pastikan untuk menggunakan alat pelindung mata yang sesuai.

Dengan melakukan tindakan pencegahan ini, Anda dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko terkena kanker mata melanoma. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi mari jaga kesehatan mata kita dengan baik!

Cara Pengobatan

Jika Anda didiagnosis menderita kanker mata melanoma, dokter mata akan melakukan beberapa tindakan medis untuk menangani kondisi tersebut. Berikut ini adalah beberapa metode pengobatan yang biasa digunakan:

  • Operasi
    Operasi dilakukan untuk mengangkat jaringan melanoma yang terdapat pada mata. Jenis operasi tergantung pada ukuran dan gejala kanker. Untuk kanker yang berukuran kecil, operasi mungkin hanya melibatkan pengangkatan jaringan sel kanker. Namun, jika kanker berukuran besar, operasi bisa mencakup pengangkatan seluruh mata, yang disebut enukleasi. Setelah enukleasi, biasanya dilakukan pemasangan mata palsu untuk memperbaiki penampilan mata.
  • Radioterapi
    Radioterapi menggunakan sinar khusus, seperti sinar X atau proton, untuk membunuh sel kanker di mata. Radioterapi bisa dilakukan sebelum operasi untuk mengecilkan tumor sehingga pengangkatan lebih mudah, atau setelah operasi untuk memastikan tidak ada sel kanker yang tersisa.
  • Krioterapi
    Krioterapi adalah prosedur yang membekukan sel kanker pada mata, menyebabkan sel-sel tersebut rusak dan mati. Ini adalah pilihan tindakan yang sering digunakan untuk kasus tertentu.
  • Terapi Laser
    Ada dua jenis terapi laser yang sering digunakan untuk mengobati kanker mata melanoma:
  • Transpupillary thermotherapy (TTT): Perawatan ini menggunakan sinar laser untuk meningkatkan suhu di area kanker, sehingga membunuh sel-sel kanker.
  • Fotokoagulasi laser: Terapi ini menggunakan energi cahaya untuk menggumpalkan jaringan kanker, membantu mencegah penyebaran lebih lanjut.

Jika Anda mengalami gejala-gejala yang mencurigakan atau ada perubahan aneh pada mata Anda, segera konsultasikan dengan dokter mata. Penanganan yang cepat dan tepat dapat meminimalisir risiko komplikasi dan mempercepat proses pengobatan.

 

Tonton juga video menarik lainnya seputar kesehatan mata disini!

Bagikan:

Berikan Komentar