kantung mata hitam
Diposting oleh :

Kantung Mata Hitam Muncul Karena Keseringan Menatap HP? Ini Faktanya

Kantung mata hitam atau yang sering disebut dengan mata panda merupakan salah satu masalah kesehatan pada mata yang sekilas terlihat cukup remeh namun terkadang kerap mengganggu penampilan dan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri.

Masalah ini ditandai dengan munculnya lingkaran gelap di bawah area mata. Ketika kantung mata menghitam, tampilan wajah menjadi kurang segar, sayu, dan tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Lantas, apakah kantung mata hitam dapat menghilang dengan sendirinya?

Simak penjelasan berikut agar Anda lebih memahami terkait masalah kesehatan mata yang satu ini. Yuk, kenali faktor-faktor penyebab munculnya kantung mata hitam dan temukan cara yang paling efektif untuk mengatasinya.

Baca juga : Katarak

Penyebab Area Mata Menghitam

Masalah kantung mata hitam bisa dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Munculnya kantung hitam pada mata sering dikaitkan dengan kondisi kelelahan akibat kurang tidur terutama pada malam hari.

Kondisi yang lelah karena kurang tidur menyebabkan pembuluh darah di sekitar area bawah mata membesar sehingga terlihat sedikit bengkak. Dan jika kebiasaan ini terus berlanjut, lama-kelamaan warnanya akan berubah menjadi lebih gelap dan menghitam.

Namun, kurang tidur bukanlah menjadi satu-satunya penyebab terjadinya kondisi ini. Faktanya, ada banyak faktor lain yang dapat menyebabkan area sekitar bawah mata menjadi tampak hitam, berikut diantaranya :

  • Usia/Penuaan: Proses penuaan membuat kulit menjadi semakin tipis dan kurang elastis. Akibatnya, kulit di sekitar mata yang sangat tipis ini akan mengendur dan pembuluh darah di bawah mata semakin menonjol membentuk kantung hitam.
  • Genetik: Kantung mata hitam juga bisa diturunkan secara genetik dari anggota keluarga. Selain itu, orang yang memiliki kulit lebih gelap juga lebih berisiko mengalami kondisi ini.
  • Stres: Tingkat stres yang tinggi dapat memengaruhi kondisi kulit dan kualitas tidur, yang pada akhirnya akan berdampak pada tampilan mata.
  • Alergi: Reaksi alergi dapat menimbulkan peradangan di sekitar area mata, yang berpotensi menyebabkan terbentuknya kantung mata hitam.
  • Dehidrasi: Saat tubuh kekurangan cairan, kulit di bagian bawah mata akan tampak cekung dan kusam, hal ini dapat memicu munculnya kantung mata hitam.
  • Paparan sinar matahari: Paparan sinar matahari yang mengenai mata dapat menimbulkan pigmentasi berlebih pada kulit di sekitar mata, yang membuat kulit menjadi lebih gelap.
  • Penyakit kronis: Beberapa penyakit kronis dapat memengaruhi sirkulasi darah dan membuat kulit di sekitar mata tampak lebih gelap.
  • Kebiasaan menggaruk/mengucek mata: Terlalu sering mengucek mata juga dapat memunculkan lingkaran hitam di bawah mata.
  • Kebiasaan merokok dan minum alkohol: Gaya hidup tidak sehat seperti ini dapat menghambat sirkulasi darah di kulit wajah, sehingga kulit di sekitar mata pun tampak lebih gelap dan kusam.
  • Kebiasaan menatap layar: Terlalu lama menatap layar ponsel, komputer, atau televisi dapat menyebabkan ketegangan pada mata, yang membuat pembuluh darah di sekitar mata membesar, dan berdampak pada menggelapnya kulit mata.

Nah, itu dia beberapa penyebab munculnya kantung mata hitam yang perlu Anda pahami. Kira-kira manakah yang sering anda lakukan atau sedang Anda alami? Mari menjadi bahan evaluasi bersama.

Terlalu Lama Menatap Layar Bisa Menyebabkan Kantung Mata Jadi Hitam?

kantung mata hitam

Di era digitalisasi saat ini, sangat sulit untuk menghindari penggunaan ponsel ataupun perangkat elektronik lainnya seperti komputer dan televisi. Bahkan rasanya sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, baik bagi para pelajar maupun pekerja.

Tidak dipungkiri, kita semua termasuk Anda bahkan betah berjam-jam di depan layar demi untuk mengerjakan tugas ataupun hanya sekedar mencari hiburan. Namun, sebagian besar orang kurang menyadari akan dampaknya terhadap mata jika terlalu lama menatap layar.

Terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar ponsel atau komputer tidak hanya berdampak pada kesehatan mata, melainkan juga dapat menimbulkan masalah kulit yang serius terutama kulit di sekitar mata, termasuk munculnya lingkaran hitam pada mata.

Ya, kebiasaan ini jika terus dilakukan dapat berpotensi menimbulkan kantung mata hitam. Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar dapat menyerap kelembaban kulit dan merusak kolagen sehingga menyebabkan kulit di sekitar mata menjadi lebih kering dan gelap.

Selain itu, menatap layar terlalu lama apalagi dengan tingkat kecerahan yang tinggi akan meningkatkan ketegangan pada mata dan membuat pembuluh mata membesar. Kondisi ini dapat menjadikan kulit di sekitar area mata akan menghitam.

Anda pasti tidak ingin mengalami permasalahan kantung mata hitam ini bukan? Maka dari itu, mengurangi durasi penggunaan dan menjaga jarak mata dari layar digital menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah kulit mata satu ini.

Baca juga : Benarkah Menatap Layar Komputer Dalam Waktu Lama Bisa Menyebabkan Mata Minus?

Kantung Mata Hitam Apakah Berbahaya?

Umumnya, kantung mata hitam ini tidak berbahaya dan bersifat sementara. Hanya saja kemunculannya kerap dikeluhkan karena mengganggu penampilan wajah. Namun meski sering dianggap sepele, ternyata ini dapat menunjukkan kondisi kesehatan seseorang.

Perlu diingat bahwa pada beberapa kasus tertentu, kemunculan kantung mata hitam bisa menjadi hal yang berbahaya karena merupakan sebuah gejala yang mengindikasikan adanya suatu masalah kesehatan serius dalam tubuh Anda.

Kantung mata hitam dapat terbentuk akibat dipicu oleh adanya beberapa penyakit kronis tertentu, seperti tiroid, anemia, gangguan ginjal, hepatitis, atau masalah dalam jaringan ikat. Untuk itu, selalu terapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.

Dalam kondisi tertentu, kantung mata hitam juga dapat menyebabkan timbulnya masalah pada penglihatan, iritasi, hingga sakit kepala yang disertai ruam pada kulit. Jika kondisi ini terjadi pada Anda, segera periksakan diri ke dokter mata untuk penanganan lebih lanjut.

Maka dari itu, munculnya kantung mata hitam tetap harus menjadi perhatian agar tidak sampai memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan lainnya, mulai penyakit ringan hingga penyakit serius.

Apabila Anda merasa terganggu dengan adanya kantung mata hitam di wajah atau bahkan mengalami gejala serius akibat kantung mata, jangan ragu untuk melakukan konsultasi dokter mata agar mendapatkan sudut pandang ahli dan menemukan penanganan terbaik.

Baca juga :
Apakah Headset Virtual Reality Aman Untuk Mata?
LASIK

Cara Mengatasi Kantung Mata Hitam

Bagi sebagian besar orang, munculnya kantung mata hitam memang cukup mengganggu. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan secara mandiri di rumah untuk mengatasi dan mengurangi kemunculan kantung mata hitam, yakni :

1. Kompres Dingin

Memberikan kompres dingin dapat membantu meredakan panas dan lelah pada mata. Caranya, bungkus es batu dengan kain bersih, kemudian letakkan di atas mata yang terpejam selama 20 menit setiap hari untuk hasil yang maksimal.

2. Kompres dengan Kantong Teh

kantung mata hitam

Teh mengandung kafein dan antioksidan yang dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan melancarkan sirkulasi darah pada mata. Caranya dengan meletakkan kantong teh yang sudah didinginkan di atas kelopak mata selama 10-20 menit.

3. Gunakan Bahan Alami

Meletakkan irisan timun di atas kelopak mata. Kandungan antioksidan dan suhu dingin timun dapat melembabkan kulit di sekitar mata dan menghilangkan lingkaran hitam.

Mengoleskan minyak almond dan gel lidah buaya untuk membantu meningkatkan kelembaban kulit di sekitar mata sehingga tampak lebih cerah. Ini karena kedua bahan tersebut mengandung antioksidan yang mampu mengurangi pembengkakan pada mata.

4. Atur Pola Tidur

Kurang tidur ataupun terlalu banyak tidur dapat menyebabkan kantung mata hitam, maka pastikan cukupi waktu tidur selama 7-8 jam per hari untuk orang dewasa.

Pastikan juga untuk membenarkan posisi tidur. Letakkan posisi kepala lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya dengan bantuan beberapa bantal agar tidak ada cairan mata yang menggenang di bawah mata karena dapat menyebabkan pembengkakan.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 2 liter per hari untuk mencegah dehidrasi yang dapat memicu timbulnya kantung mata hitam. Tetapi, hindari terlalu banyak minum sesaat sebelum tidur agar cairan tidak menumpuk di sekitar mata.

Baca juga :
Tips Mengatasi Mata Sayu untuk Mempercantik Penampilan
Konsumsi Vitamin A untuk Mata Sehat, Butuh Berapa Banyak?

6. Hindari Merokok, Minuman Beralkohol dan Berkafein

Hentikan kebiasaan merokok karena asap rokok dapat mempercepat penuaan yang memicu terjadinya kantung mata hitam. 

Serta batasi konsumsi minuman beralkohol, sebab alkohol dapat meningkatkan dehidrasi yang membuat kantung mata hitam semakin tampak jelas.

Anda juga perlu membatasi asupan minuman berkafein terutama saat sebelum tidur, karena kafein dapat membuat Anda terjaga dan sulit tidur pada malam hari, hal inilah yang memicu munculnya kantung mata hitam.

7. Olahraga Secara Teratur

Melakukan aktivitas fisik secara rutin dapat menjaga kecerahan kulit dan mengurangi tanda penuaan. Dengan berolahraga, sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan Anda akan merasa lebih cepat mengantuk kemudian tidur dengan nyenyak sehingga terhindar dari begadang.

8. Rutin Memakai Skincare

Jangan lupa untuk selalu lakukan rutinitas perawatan kulit yang tepat, gunakan pelembab yang kaya akan vitamin terutama yang mengandung vitamin C, E, dan K pada wajah dan area sekitar mata untuk menjaga agar kulit tetap sehat.

9. Gunakan Krim Mata dan Tabir Surya

Anda juga bisa mengoleskan krim mata dengan kandungan retinol atau vitamin C sebelum tidur untuk mengurangi munculnya kerutan pada kulit dan menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata.

Jangan lupa selalu gunakan tabir surya di permukaan wajah termasuk di sekitar mata agar tetap terlindungi dari paparan sinar matahari yang dapat mengurangi kecerahan kulit.

10. Tutupi Dengan Riasan

Agar tampilan mata tampak lebih segar, Anda bisa menutupi kantung mata hitam dengan menggunakan concealer. Pilihlah yang paling sesuai dengan warna kulit Anda dan oleskan tipis-tipis di bagian bawah mata.

Baca juga :
Operasi Katarak
Operasi Katarak Gratis

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba sendiri. Perawatan di rumah memang menjadi salah satu pilihan paling efisien karena mudah dilakukan dan terjangkau. Dengan syarat, jika kondisi kantung mata tidak terlalu parah atau tidak menimbulkan masalah pada penglihatan.

Namun apabila Anda merasakan adanya gejala lain yang timbul, disarankan untuk segera memeriksakan keluhan mata dengan mengunjungi klinik mata terdekat agar mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Selain itu, jika keberadaan kantung mata dirasa semakin mengganggu dan perawatan di rumah tidak kunjung memberikan hasil, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter mata mengenai kemungkinan dilakukannya tindakan Blepharoplasty.

Ini merupakan tindakan operasi untuk memperbaiki kelopak mata, termasuk juga mengatasi masalah kantung mata secara permanen. Anda tidak perlu khawatir karena prosedur ini tentunya dilakukan oleh dokter spesialis mata profesional yang kompeten di bidangnya.

Sumber : dr. Fitria Kusumastuti, Sp.M

 

Saksikan pula video edukasi kesehatan mata lainnya berikut ini :

Bagikan:

Berikan Komentar