Mata Sering Kelilipan
Diposting oleh :

Mata Sering Kelilipan Mengganggu Aktivitas, Ini Penyebabnya

Mata kelilipan bukan suatu kondisi yang asing tentunya setiap orang pasti pernah mengalaminya, namun hal ini berbeda dengan mata sering kelilipan yang merupakan kondisi yang tidak wajar bagi mata seseorang. Pada kasus tersebut debu atau benda asing sejenisnya akan lebih mudah untuk masuk ke dalam bola mata pasien. 

Mungkin beberapa pasien mata tidak menyadari bahwa mengalami mata sering kelilipan dan menganggap hal yang normal. Tentunya debu atau benda asing sejenisnya yang sering masuk kedalam mata akan menimbulkan iritasi, infeksi dan penyakit mata lainnya apabila tidak segera ditangani. 

Nah, pada kesempatan kali ini dokter mata akan mengulas mengenai penyebab mata sering kelilipan, untuk informasi selengkapnya simak penjelasan berikut ini ! 

 

Baca juga : 

Katarak

Operasi Katarak 

Operasi Katarak Gratis

Mata Sering Kelilipan

Apa Itu Mata Kelilipan ? 

Sebelum menuju ke pembahasan penyebab mata sering kelilipan, maka dokter mata akan menjelaskan terlebih dahulu bagaimana kondisi mata kelilipan itu sendiri. 

Secara umum penjelasan mengenai mata kelilipan merujuk pada kondisi yang dimana benda asing berupa debu atau sejenisnya masuk kedalam bola mata manusia yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada mata. Pada beberapa kasus mata kelilipan juga bisa menyebabkan mata merah, infeksi, iritasi, rasa nyeri pada mata dan lain sebagainya. 

Umumnya mata yang sering mengalami kelilipan adalah orang – orang yang beraktivitas di luar ruangan, maka akan sangat berpotensi debu atau benda asing sejenisnya masuk ke dalam bola mata. Untuk mengatasi hal tersebut orang – orang yang sering beraktivitas di luar ruangan akan menggunakan benda yang dapat melindungi mata, seperti kacamata, helm yang berkaca dan lain sebagainya. 

Pada kasus mata sering kelilipan ini berbeda dengan mata normal yang mengalami kelilipan, pada kasus tersebut intensitas mata mengalami kelilipan lebih sering terjadi dari pada mata normal. Tentunya hal tersebut terjadi karena adanya gangguan atau penyakit pada kelopak mata. 

Mata Sering Kelilipan

Penyebab Mata Sering Kelilipan 

Untuk mengetahui penyebab mata sering kelilipan maka pada kesempatan kali ini akan diundang dokter mata bernama dr. Irma Suryani, SpM untuk membantu menjelaskan mengenai penyebab mata yang sering mengalami kelelahan atau intensitas terjadinya kelilipan lebih sering daripada mata normal.

Menurut penjelasan dari dokter Irma Suryani, SpM, beliau menjelaskan bahwa tidak ada kondisi mata khusus yang menyebabkan kenapa lebih mudah debu atau benda asing sejenisnya masuk ke dalam bola mata dalam keadaan mata yang normal, kecuali ada kondisi tertentu seperti Lagoftalmus atau memang kelopak mata tidak dapat menutup dengan sempurna, contohnya pada kasus Tiroid Idris, kelainan pada kelompok yang menyebabkan ada cela debu menjadi gampang masuk ke dalam bola mata.

 

Baca juga : 

Lasik

Daun Binahong Bisa Sembuhkan Katarak, Mitos Atau Fakta?

Gurah Mata Bisa Atasi Minus? Cek Faktanya, Yuk!

Cara Untuk Penanganan Mata Kelilipan 

Pada kasus mata normal yang mengalami kelilipan bisa menerapkan beberapa cara berikut ini : 

  1. Hindari menggosok mata Anda. Gosokan dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut atau dapat memasukkan debu lebih dalam ke dalam mata.
  2. Gunakan air bersih untuk membilas mata dengan lembut.Bisa menggunakan air keran atau larutan mata khusus untuk membersihkan mata
  3. Gunakan tetes mata apabila terjadi iritasi yang berguna untuk meredakan iritasi dapat membantu membersihkan dan melembapkan mata. 
  4. Jika mata masih terasa iritasi, maka dapat mengompres mata dengan kompres dingin. Tempatkan kompres dingin di atas mata selama beberapa menit untuk 

meredakan pembengkakan dan meredakan rasa tidak nyaman.

Apabila pada kasus mata sering kelilipan yang disebabkan oleh gangguan pada kelopak mata, maka sebaiknya untuk konsultasi dokter mata, karena mungkin dalam kondisi tersebut perlu penanganan khusus oleh dokter mata. 

Mata Sering Kelilipan

Periksa Bila Berlarut

Pada kondisi mata sering kelilipan dan kondisi tersebut sampai berlarut maka ayo segera untuk melakukan pemeriksaan mata ke dokter mata di klinik mata terdekat dari tempat tinggal kamu. Jangan dibiarkan atau dianggap tidak ada masalah apabila kondisi tersebut berlarut karena bisa berisiko munculnya kondisi yang berbahaya. 

Penting untuk selalu menjaga kondisi kesehatan mata, ketika mata dalam keadaan normal idealnya untuk melakukan pemeriksaan minimal 6 bulan atau 1 tahun sekali untuk memastikan kondisi mata dalam keadaan baik. 

 

Sumber : dr. Irma Suryani, SpM

 

Saksikan juga video lain tentang kesehatan mata berikut ini : 

Bagikan:

Berikan Komentar