benturan pada mata
Diposting oleh :

Penanganan Ketika Benturan Pada Mata Terjadi

Penanganan Ketika Benturan Pada Mata Terjadi

Benturan pada mata merupakan insiden yang seringkali menyebabkan kekhawatiran serius terhadap kondisi penglihatan dan kesehatan mata secara keseluruhan. Mata, sebagai organ yang sangat sensitif dan vital, memiliki kecenderungan rentan terhadap cedera fisik yang disebabkan oleh trauma langsung.

Seseorang dapat mengalami benturan pada mata dalam berbagai situasi, mulai dari kecelakaan olahraga yang berisiko tinggi maupun dalam kejadian sehari-hari seperti terbentur atau terkena pukulan oleh benda tumpul. Dampak dari benturan pada mata bisa sangat bervariasi, tergantung pada keparahan benturan dan area mata yang terkena dampaknya. 

Organ mata memerlukan perlindungan ekstra dan perhatian khusus ketika terkena benturan. Itulah mengapa, kesadaran kita akan potensi bahaya dari situasi benturan pada mata sangat penting. Nah, pada kesempatan kali ini dokter mata akan mengulas tindakan pencegahan dan akibat benturan pada mata, simak penjelasan berikut ini! 

 

Baca Juga :

Katarak

Operasi Katarak 

Operasi Katarak Gratis 

benturan pada mata

Akibat yang Ditimbulkan Jika Terjadi Benturan pada Mata

Benturan pada mata sendiri dapat menyebabkan trauma mata karena terjadinya perlukaan atau cedera mata. Trauma mata dapat terjadi akibat trauma tumpul, trauma tajam, trauma kimia, trauma termal dan trauma radiasi. Trauma yang paling sering terjadi adalah trauma mekanis dan trauma kimia. Trauma mekanis sendiri biasanya terjadi karena benda tumpul atau benda asing yang masuk ke mata. 

Sedangkan trauma kimia terjadi akibat mata terkena cairan asam atau basa. Terdapat berbagai macam akibat dari trauma mata, yang mana dapat menyebabkan cedera kornea, perdarahan di dalam mata, cedera pada lensa atau retina, serta pembengkakan atau peradangan di sekitar mata.

 

Cara Mengobati Cedera Mata

Dalam kasus cedera mata yang disebabkan oleh trauma mekanis, anda bisa menerapkan beberapa cara berikut ini :

  1. Kompres mata dengan air dingin untuk penanganan awal agar mengurangi lebam pada mata.
  2. Hindari menggosok mata karena dapat mengakibatkan lecet atau luka yang lebih lanjut akibat gesekan.
  3. Dapat menggunakan cermin untuk memeriksa jika benda asing yang masuk ke mata tidak terlalu dalam, maka dapat diambil sendiri dengan catatan harus steril.
  4. Melakukan irigasi, mengaliri mata dengan air bersih atau steril.

Dalam kasus cedera mata yang disebabkan oleh trauma kimia, anda bisa menerapkan beberapa cara berikut ini :

  • Segera Melakukan irigasi, mengaliri mata dengan air bersih atau steril. Untuk menghilangkan zat penyebab trauma kimia.
  • Menggunakan obat tetes untuk menghilangkan nyeri.

benturan pada mata

Cara Melindungi Mata dari Benturan Berbahaya

Karena organ mata merupakan organ yang rentan maka diperlukan perlindungan ekstra dengan melakukan pencegahan primer. Untuk menghindari terjadinya trauma mata, berikut adalah beberapa langkah yang bisa diambil:

  1. Gunakan kacamata pelindung saat beraktivitas yang berpotensi menyebabkan benturan dan trauma pada mata seperti olahraga atau pekerjaan konstruksi.
  2. Hindari kontak langsung antara mata dan benda berbahaya dengan menggunakan peralatan pelindung saat berada di area berisiko seperti lokasi konstruksi atau lapangan olahraga.
  3. Pastikan kebersihan dan keamanan dengan menghindari situasi berbahaya yang dapat meningkatkan risiko cedera mata. Gunakan alat perlindungan mata saat berinteraksi dengan bahan atau zat berbahaya untuk mencegah iritasi atau cedera.
  4. Pertimbangkan faktor lingkungan dan tetap waspada di area dengan risiko benturan tinggi seperti tempat kerja berisiko tinggi atau sekitar mesin berat. Ambil langkah-langkah pencegahan untuk melindungi mata dari potensi bahaya.
  5. Jaga kesehatan mata dengan pola makan sehat, tidur cukup, dan menggunakan kacamata hitam saat terpapar sinar matahari berlebihan, selain langkah-langkah pencegahan fisik.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kita dapat membantu melindungi mata dari benturan berbahaya dan memastikan kesehatan mata yang optimal dalam berbagai situasi.

 

Baca juga :

Lasik

Mengenal Kelainan Refraksi Beserta 3 Mitos Populernya

Atur Screen Time untuk Menjaga Penglihatan, Simak Aturannya! 

benturan pada mata

Segera Periksa Bila Trauma atau Keluhan Tak Kunjung Mereda

Penting untuk segera memeriksakan kondisi mata jika dirasa pertolongan pertama belum cukup serta gejala dan akibat yang dirasakan cukup parah. Diantaranya : 

  1. Benda asing tidak dapat dikeluarkan dengan menggunakan cara irigasi atau dialiri air.
  2. Benda asing yang menancap pada area mata (terutama kornea).
  3. Mengalami penurunan penglihatan, seperti penglihatan ganda ataupun penglihatan menjadi buram.
  4. Munculnya rasa nyeri yang hebat, kemerahan, dan masih terasa adanya benda asing yang terdapat di mata, meskipun benda asing tersebut telah berhasil dikeluarkan.

Hal ini tentunya sangat berbahaya jika tidak segera ditangani karena bisa saja menyebabkan kebutaan. Maka, sebaiknya melakukan konsultasi dokter mata agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

Sumber : dr. Bobby Krisna Putra, SpM

 

Saksikan juga video lain tentang kesehatan mata berikut ini : 

Bagikan:

Berikan Komentar