Albino Alami Masalah Mata
Diposting oleh :

Penderita Albino Alami Masalah Mata, Ini Jenisnya

Albino atau albinisme adalah suatu kondisi yang menyebabkan seseorang yang mengalaminya tampak berbeda dari orang lain secara fisik. Biasanya memiliki kulit yang sangat putih dan warna rambut yang lebih terang. Sementara iris matanya bisa berwarna cokelat, biru terang, atau kemerahan.

Ini dikarenakan adanya gangguan dalam produksi melanin yang merupakan ciri khas Albinisme. Tak hanya itu, seringkali penderita Albino alami masalah mata yang tidak biasa.

Kira-kira apa saja ya gangguan penglihatan yang kerap dialami para pengidap albino? Apakah bisa disembuhkan? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Apakah Albino Itu?

Albino Alami Masalah Mata

Seperti yang kita tahu bahwa Albino atau Albinisme merupakan kelainan genetik yang terjadi akibat tubuh kekurangan atau bahkan sama sekali tidak punya pigmen melanin. 

Hal ini karena terjadi mutasi gen pada sel melanosit yang berada di iris mata, kulit, dan rambut. Melanosit ini bertanggung jawab untuk memproduksi pigmen yang menentukan warna kulit, rambut, dan iris mata.

Nah, pada saat ia bermanifestasi di mata, maka akan terjadi gangguan pertumbuhan pada retina, yang membuat mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya (Fotofobia) dan rentan terhadap kerusakan mata akibat paparan sinar UV.

Kondisi albino umumnya dialami sejak lahir dan bisa menyerang siapa saja. Kemungkinan seorang anak terlahir dengan albinisme meningkat jika salah satu atau kedua orang tuanya menderita kondisi ini, atau jika mereka membawa mutasi gen yang menyebabkan albinisme.

Meski demikian, albinisme termasuk dalam kelainan langka yang jarang terjadi, dimana perbandingan kejadiannya sekitar 1 dari setiap 20.000 bayi yang lahir. Di Indonesia sendiri, istilah yang lebih umum digunakan untuk kondisi ini adalah albino.

Baca juga :
Operasi Katarak
Operasi Katarak Gratis

Penderita Albino Alami Masalah Mata

Albino Alami Masalah Mata

Melanin ternyata juga memiliki peran penting dalam perkembangan saraf optik yang mempengaruhi fungsi penglihatan. Inilah yang menjadi penyebab dari kecenderungan seorang albino alami masalah mata atau gangguan penglihatan lainnya.

Mereka sering kali mengalami penurunan fungsi penglihatan karena ada masalah pada retina. Seseorang dengan kondisi albino juga berisiko lebih tinggi terkena Katarak, hingga yang paling parah bisa berujung pada kebutaan.

Gangguan mata yang umum terjadi pada seseorang dengan kondisi albino yaitu:

  • Sensitivitas tinggi terhadap cahaya terang
  • Kesulitan dalam mempersepsikan warna
  • Masalah penglihatan, seperti miopi, hipermetropi, astigmatisme. Penglihatan menjadi kabur atau buram
  • Nistagmus, yaitu gerakan mata yang tidak terkendali. Bola mata akan terus bergerak dari kanan ke kiri, naik turun, atau melingkar
  • Strabismus (mata juling)

Sayangnya, penyakit mata yang kerap dialami oleh para penderita albino ini tidak bisa disembuhkan 100 persen. Namun, biasanya dapat diatasi dengan menggunakan alat bantu penglihatan, seperti kacamata hitam atau lensa kontak khusus.

Untuk masalah penglihatan seperti miopi dan hipermetropi dapat disembuhkan dengan melalui metode Lasik.

Selain itu, dokter spesialis mata juga dapat melakukan prosedur Tenotomy untuk mengubah posisi otot mata dengan tujuan mengontrol gerakan bola mata.

Albino tidak hanya dapat menimbulkan masalah pada mata, tetapi juga meningkatkan risiko seseorang terkena masalah kesehatan lain yang lebih serius, seperti Kanker Kulit. 

Salah satu faktor penyebabnya adalah karena paparan berlebihan terhadap sinar matahari. Kekurangan melanin mengakibatkan ketidakmampuan tubuh untuk melindungi diri dari sinar matahari.

Albinisme ini sendiri juga tidak dapat dicegah karena merupakan kelainan bawaan yang menurun dari gen sebelumnya. Seseorang yang memiliki riwayat gangguan serupa dalam keluarga kemungkinan memiliki risiko lebih tinggi terkena albinisme.

Baca juga :
Operasi Pada Penderita Mata Juling
 6 Fakta Heterochromia, Kelainan Penyebab Perbedaan Warna Mata

Periksakan Mata Anda Secara Rutin

Melakukan pemeriksaan mata secara rutin sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mata Anda. Terutama bagi pengidap albino yang sangat rentan mengalami berbagai permasalahan mata.

Jika Anda mengalami gejala gangguan mata yang tidak kunjung membaik, penting untuk segera periksakan diri ke dokter mata untuk menghindari risiko komplikasi, termasuk kebutaan permanen.

Jadwalkan pemeriksaan secara berkala dan lakukan konsultasi dokter mata untuk mendapatkan petunjuk umum mengenai kondisi kesehatan mata Anda.

Dengan melakukan pemeriksaan mata secara teratur, Anda dapat mendeteksi masalah kesehatan mata sejak dini, memantau perkembangan kondisi mata terkini, dan mencegah kemungkinan terjadinya komplikasi yang lebih serius.

Sumber : dr. Evy Apidian, SpM

 

Yuk tonton juga video edukasi kesehatan mata lainnya berikut :

Bagikan:

Berikan Komentar