Rekomendasi Operasi Katarak di Tulungagung
Diposting oleh :

Rekomendasi Operasi Katarak di Tulungagung

Katarak dapat diatasi lewat operasi. Di berbagai kota di Indonesia saat ini telah tersedia layanan operasi katarak, baik yang dikelola oleh rumah sakit maupun oleh klinik. Termasuk di Tulungagung. Bagi mereka yang masih bingung mencari rekomendasi operasi katarak di Tulungagung, di bawah ini, kami berikan sejumlah rekomendasi operasi katarak di sekitar Tulungagung.

Seperti kita ketahui, katarak termasuk salah satu gangguan mata degeneratif yang paling umum dan banyak diderita para lansia saat ini. Saat seseorang terkena katarak,  lensa alami mata menjadi keruh. Protein di lensa mata rusak dan menyebabkan penglihatan tampak buram, kabur, atau daya lihat menjadi kurang berwarna.

Rekomendasi Operasi Katarak di Tulungagung

Baca juga: Daun Sirih untuk Pengobatan Katarak

Para ahli mengatakan perubahan mata normal biasanya terjadi setelah usia 40 tahun. Di saat itulah protein normal pada lensa dapat mulai rusak. Inilah yang menyebabkan lensa menjadi keruh.

Katarak dapat menyebabkan penglihatan kabur dan meningkatkan silau pada mata. Salah satu opsi untuk pengobatan katarak adalah operasi. Meski demikian, sepanjang penglihatan masih cukup baik, mungkin saja seseorang tidak perlu sampai harus menjalani operasi.

Operasi katarak termasuk operasi minor. Pasien bisa pulang pada hari yang sama dengan operasi.  Dokter mata mungkin akan membatasi aktivitas pasien, seperti membungkuk dan mengangkat, sekitar seminggu setelah operasi katarak dilakukan.

Usai menjalani katarak, penglihatan mungkin akan sedikit kabur. Namun, seiring waktu, penglihatan akan berangsur normal. Warna-warna mungkin tampak lebih cerah setelah operasi karena pasien kini melihat melalui lensa mata baru yang bening.

Rasa gatal dan ketidaknyamanan ringan selama beberapa hari setelah operasi katarak adalah hal yang normal. Sebaiknya hindari menggosok atau menekan mata Anda. Setelah beberapa hari, sebagian besar ketidaknyamanan akan hilang. Penyembuhan total setelah operasi katarak rata-rata terjadi dalam waktu delapan minggu.

Rekomendasi Operasi Katarak di Tulungagung

Rekomendasi operasi katarak di Tulungagung

Banyak rumah sakit maupun klinik mata negeri ini yang saat ini telah memiliki layanan operasi katarak untuk umum. Tak sedikit bahkan yang – pada momen-momen tertentu – menggelar operasi katarak gratis.

Di Tulungagung, Jawa Timur, ada beberapa rumah sakit dan klinik mata yang menawarkan layanan operasi katarak. Berikut beberapa rumah sakit maupun klinik yang melayani operasi katarak di Tulungagung dan menjadi rekomendasi operasi katarak di Tulungagung.

1] RS Era Medika

Salah satu rekomendasi operasi katarak di Tulungagung yaitu Rumah sakit Era Medika,  berlokasi di Jalan Raya Pulosari, Ngunut, Tulungagung. Rumah sakit ini telah memiliki poli spesialis mata. Jadwal bukanya dari Senin hingga Jumat, pukul 07.00-13.00 WIB.

Salah satu keunggulan operasi katarak yang ditawarkan Rumah Sakit Era Medika yaitu penggunaan teknologi operasi katarak Fakoemulsifikasi. Ini adalah operasi katarak modern yang menggunakan energi ultrasound. Keunggulan operasi katarak fakoemulsifikasi yaitu tanpa jahitan, proses cepat [sekitar 15 menit], pasien bisa langsung pulang setelah operasi, pemulihan dan perawatan setelah operasi lebih mudah dan cepat, dapat dilakukan untuk semua jenis katarak, serta mampu mengurangi rasa nyeri dan ketidaknyamanan setelah operasi.

Baca juga: Bagaimana Mencegah Katarak pada Bayi

Sepanjang tahun 2023 ini, Rumah Sakit Era Medika menggelar operasi katarak gratis untuk masyarakat. Ini sebagai salah satu wujud komitmen dan kontribusi Era Medika dalam mewujudkan masyarakat Tulungagung yang bebas dari kebutaan. Tak berlebihan jika rumah sakit ini menjadi rekomendasi operasi katarak di Tulungagung.

Untuk persyaratannya yaitu SKT asli dari desa, salina KTP dan KK, tidak memiliki BPJS/KIS atau asuransi swasta lainnya, serta nomor ponsel yang bisa dihubungi.

Informasi lebih lanjut dapat langsung menghubungi Poli Mata Rumah Sakit Era Medika di 081359521058.

2] Klinik Mata EDC

Rekomendasi operasi katarak di Tulungagung berikutnya adalah Klinik Mata EDC. Beralamat di Jalan Mayor Sujadi nomor 101 Jepun, Tulungagung, Klinik Mata EDC menjadi salah satu pusat pelayanan kesehatan mata di Kota Marmer ini.

Pelayanan terpadu dan profesional yang didukung dengan peralatan diagnostik dan pengobatan teknologi terkini berstandar internasional menjadi jaminan layanan prima yang ditawarkan EED. Di samping juga, sistem “One Stop Service” yang akan menambah kenyamanan dalam mendapatkan pelayanan terbaik untuk pasien dan keluarganya.

Baca juga: Daftar Penyelenggara Operasi Katarak 2023

Jam operasional Klinik Mata EDC Tulungagung tersedia dari mulai Senin-Sabtu, pukul 08.00-16.00 WIB. Hari Minggu dan libur nasional,  tutup.

Seperti Rumah Sakit Era Medika, Klinik EDC juga menggunakan teknik fakoemulsifikasi dengan mesin terbaru dalam menjalankan prosedur tindakan operasi katarak.

Terdapat beragam alat pemeriksaan Katarak, Rekomendasi Operasi Katarak di Tulungagung

3] RSUD dr. Iskak Tulungagung

Rumah Sakit Umum Daerah [RSUD] dr. Iskak beralamat di Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Tulungagung. Telepon (0355) 320119.

Di Poliklinik mata RSUD dr. Iskak, masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan mata bisa mendapatkan beragam layanan meliputi aspek preventif, kuratif, promotif, dan rehabilitatif, termasuk layanan bedah maupun nonbedah, dengan harapan dapat menurunkan angka kebutaan di Indonesia.

Poli mata di rumah sakit ini dilengkapi pula dengan konsultasi mata terpadu meliputi konsultasi, pemeriksaan mata dasar yang didukung oleh kemajuan teknologi dan juga fasilitas bedah dengan rawat inap yang akan melayani masalah kesehatan mata sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

RSUD dr. Iskak juga dilengkapi dengan sistem layanan call center PSC119 untuk memberikan tindakan kegawatdaruratan secara cepat kepada masyarakat. Sistem call center ini bersinergi dengan puskemas yang ada di setiap kecamatan di Tulungagung.

Baca juga: Adakah Vitamin Pencegah Katarak 

4] Rumah Sakit Bhayangkara

Rumah Sakit Bhayangkara berada di Jalan I Gusti Ngurah Rai 25-27, Tulungagung, dengan kontak telepon [0355] 331649. Bekerjasama dengan sejumlah pihak, rumah sakit milik Polri ini sudah sering menggelar operasi katarak massal bagi masyarakat di Tulungagung dan sekitarnya.

Sahabat, itulah beberapa rumah sakit/klinik yang menawarkan layanan operasi katarak di Tulungagung, Jawa Timur dan sekaligus menjadi rekomendasi operasi katarak di Tulungagung.

Jika Anda memiliki keluhan gangguan mata atau ingin mengetahui lebih jauh soal kesehatan mata serta ingin melakukan konsultasi dokter mata, jangan pernah sungkan untuk menghubungi doktermata.co.id.

Jangan lupa simak update informasi terkini terkait kesehatan mata di kanal YouTube kami.

Bagikan:

Berikan Komentar