mata merah menular
Diposting oleh :

5 Jenis Penyakit Mata Menular Yang Harus Diwaspadai

Penyakit mata menular sifatnya bisa berbahaya karena dapat menghambat kegiatan sehari-hari. Penyakit mata menular dapat menyerang bagian mata manapun, diantaranya Kornea dan konjungtiva atau selaput yang melapisi bola mata.

Beberapa orang mungkin banyak yang mengalami keluhan ini, namun tidak menyadari bahwa keluhan tersebut dapat menular kepada yang lain. Sebab itu, penyakit mata menular ini harus diwaspadai agar tidak memperpanjang rantai penularannya. 

Artikel Terkait:
– 3 Cara Mengatasi Konjungtivitis (Mata Merah) Dengan Aman
Inilah Alasan Cuci Tangan Bisa Membuat Mata Sehat

Media Penularan Penyakit Mata

Penyakit mata menular ini dapat ditularkan melalui berbagai media, diantaranya :

  • Melakukan kontak fisik dengan penderita atau bersentuhan langsung dengan tetesan air mata penderita penyakit mata menular
  • Menyentuh benda yang terpapar virus atau bakteri tertentu lalu menyentuh mata
  • Berdekatan dengan penderita
  • Menggunakan barang pribadi yang sama dengan penderita sakit mata menular, seperti handuk, bulu mata palsu, kosmetik, atau kacamata

5 Jenis penyakit Mata Menular

Penyakit Mata Menular

Gambar Tanda Penyakit Mata Menular

1. Konjungtivitis

Konjungtivitis dapat disebabkan oleh berbagai hal, namun jenis konjungtivitis yang dapat menular adalah yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Konjungtivitis dapat menimbulkan berbagai gejala, seperti bengkak, mata merah, berair, terasa gatal dan juga nyeri.

Konjungtivitis yang diakibatkan infeksi bakteri membuat mata penderitanya banyak mengeluarkan cairan berwarna kuning atau kehijauan yang lengket dan berkerak atau belekan. Sedangkan konjungtivitis karena virus biasanya membuat mata banyak mengeluarkan cairan bening. 

2. Keratokonjungtivitis viral

Keratokonjungtivitis viral atau epidemic keratoconjunctivitis (EKC) adalah sakit mata menular yang membuat kornea dan konjungtiva mata meradang. Penyakit mata ini disebabkan oleh infeksi adenovirus.

Ketika terkena penyakit mata yang sangat mudah menular ini, Anda dapat mengalami gejala mata merah dan bengkak, berair, terasa gatal dan nyeri, mudah silau, serta tampak lapisan berwarna putih keabu-abuan pada mata.

3. Keratitis

Keratitis merupakan peradangan pada kornea mata. Keratitis yang menular bisa disebabkan oleh virus herpes simplex atau herpes zoster, bakteri, jamur, dan parasit. Sedangkan keratitis yang tidak menular dapat disebabkan oleh cedera mata, misalnya akibat tersiram zat kimia atau penggunaan lensa kontak yang terlalu lama.

4. Trakoma

Penyakit Mata Menular Trakoma

Penebalan kelopak mata akibat Chlamydia

Trakoma adalah sakit mata menular yang disebabkan oleh infeksi bakteri Chlamydia trachomatis. Pada awalnya, trakoma menyebabkan gatal ringan dan iritasi pada mata dan kelopak mata. Kelopak mata kemudian akan membengkak dan keluar nanah dari mata. Jika tidak diobati, trakoma dapat menyebabkan kebutaan.

5. Endoftalmitis

Endoftalmitis adalah peradangan pada bagian dalam mata dan jaringan di sekitar bola mata. Endoftalmitis dapat muncul setelah operasi mata atau akibat kondisi lain, seperti cedera pada mata dan mata kemasukan benda asing yang kotor.

Sakit mata menular ini dapat membuat mata mengalami pembengkakan, tampak merah, sangat nyeri, mudah silau, dan bahkan bernanah.

Endoftalmitis merupakan sakit mata menular yang berbahaya dan perlu segera ditangani oleh dokter mata. Jika tidak segera diobati, penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi hingga kebutaan permanen.

Cara Mengobati & Mencegah Penyakit Mata Menular

Penanganan penyakit mata menular perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Untuk mengetahui penyebab pasti sakit mata menular yang Anda rasakan, Anda perlu menjalani pemeriksaan ke dokter spesialis mata. Adapun beberapa cara dalam mengobati penyakit mata menular ini, diantaranya:

Operasi Mata

Jika gejala tidak kunjung reda dengan obat dan perawatan di rumah, dokter spesialis mata mungkin akan menyarankan operasi mata. Penanganan ini biasanya dilakukan untuk mengatasi sakit mata menular yang sudah parah, misalnya pada trakoma dan endoftalmitis. Operasi mata yang dilakukan pada beberapa penyakit menular ini terbilang tindakan atau operasi kecil, meskipun tidak banyak dikenal masyarakat seperti operasi Katarak yang dilakukan pada penderita Katarak, maupun operasi  Lasik yang dilakukan pada penderita kelainan refraksi (mata minus, silinder, hingga rabun dekat).
Artikel Terkait:
Bukan Hanya Covid, Cuci Tangan Mampu Hindari Konjungtivitis
11+ Daftar Penyakit Mata Yang Ditangani Dokter Mata

 

Tips Mencegah Penyakit Mata Menular 

Agar terhindar dari sakit mata menular, Anda dapat melakukan beberapa langkah pencegahan berikut ini:

  • Rajin mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik
  • Hindari menyentuh wajah, terutama bagian mata, hidung dan mulut.
  • Bersihkan cairan yang keluar dari mata dengan tisu bersih, lalu segera buang tisu ke tempat sampah.
  • Cuci sprei, sarung bantal dan guling, serta handuk dengan deterjen dan secara berkala.
  • Hindari berbagi penggunaan obat tetes mata, lensa kontak, kacamata, handuk, dan kosmetik dengan orang lain, terutama orang yang sedang menderita penyakit mata.

Jika penyakit mata menular yang Anda alami tak kunjung sembuh atau bahkan semakin parah, segera periksakan ke dokter spesialis mata atau klinik mata terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan mata permanen dan penularan ke orang lain.

Untuk tau lebih lengkap tentang mata, penyakit mata, hingga penyembuhannya, silakan tonton video dibawah ini ya!

Bagikan:

Berikan Komentar