mata kuning
Diposting oleh :

Alasan Di Balik Mata Kuning, Waspadai Penyebabnya!

Munculnya Mata Kuning dapat dikatakan sebagai tanda adanya suatu penyakit. Umumnya, kondisi ini sering dikaitkan dengan Penyakit Kuning yang disebabkan karena terjadinya masalah pada Hati atau Empedu.

Tetapi, perlu diketahui bahwa perubahan warna pada mata dapat disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan lainnya, bahkan beberapa diantaranya memerlukan penanganan medis sesegera mungkin karena berkaitan dengan penyakit serius.

Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan lebih lanjut mengenai Mata Kuning berikut ini.

Baca juga :
Katarak
Operasi Katarak
Operasi Katarak Gratis

Kondisi Mata Kuning

Mata Kuning merupakan kondisi dimana bagian putih mata atau sklera yang normalnya berwarna putih mengalami perubahan warna menjadi lebih kekuningan. Kondisi ini biasanya tidak terjadi secara tiba-tiba melainkan muncul secara bertahap.

Secara medis, menguningnya sklera mata pada umumnya mengindikasikan bahwa seseorang sedang mengidap Penyakit Kuning. Penyakit ini ditandai dengan terjadinya perubahan warna kulit dan mata menjadi kuning akibat tingginya kadar pigmen bilirubin.

Penyakit Kuning terjadi ketika hemoglobin yang bertugas membawa oksigen dalam darah mengalami pemecahan menjadi bilirubin, sementara tubuh tidak dapat membersihkannya.

Normalnya, bilirubin seharusnya berpindah dari hati ke saluran empedu dan kemudian dikeluarkan melalui kotoran. Jika proses ini terhambat, maka bilirubin dapat menumpuk pada kulit dan mata sehingga menyebabkan warnanya menjadi tampak kekuningan.

Baca juga :
Sklera, Pelindung Mata yang Perlu Dijaga
Cara Alami dan Aman untuk Menjernihkan Mata

Penyebab Mata Kuning

tanda mata kuning

Kondisi Mata Kuning sering ditemui pada bayi baru lahir karena pada fase ini organ Hatinya belum mampu mengatur kadar bilirubin dengan baik. Akan tetapi, tidak jarang pula terjadi pada orang dewasa yang bisa disebabkan oleh faktor tertentu.

Salah satunya adalah karena konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan dalam jangka panjang, dimana hal ini dapat merusak sel-sel organ Hati yang berperan dalam detoksifikasi racun. Akibatnya dapat memungkinkan timbulnya penyakit Hepatitis dan Sirosis pada Hati.

Hepatitis Alkoholik merupakan peradangan akut pada Hati yang menyebabkan kematian sel-sel Hati, sementara pada Sirosis Alkoholik terjadi penghancuran pada jaringan Hati yang sehat dan membentuk jaringan parut yang dapat mengganggu fungsi normal Hati.

Hati yang rusak akibat konsumsi alkohol dapat mendorong terjadinya perubahan warna pada organ lain termasuk mata, yang ditandai dengan munculnya Ikterik atau Mata Kuning.

Baca juga : LASIK

Walau begitu, penyebab Mata Kuning tidak hanya terbatas pada efek dari konsumsi alkohol berlebih, melainkan juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor lain.

Berikut beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan terjadinya Mata Kuning :

  • Efek Samping Obat

Mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti penisilin, kontrasepsi oral, klorpromazin, dan steroid anabolik dalam jangka waktu panjang dapat memicu terjadinya mata kuning.

  • Batu Empedu

Penderita batu empedu bisa juga mengalami kondisi mata kuning akibat tersumbatnya saluran yang membawa empedu dari hati ke kantong empedu oleh batu empedu, sehingga empedu menumpuk dalam darah dan menjadi penyakit kuning.

  • Gangguan Pankreas

Saluran pada pankreas nantinya akan mengalirkan empedu ke usus kecil. Ketika saluran pankreas terinfeksi atau tersumbat, maka aliran empedu akan terhambat dan menyebabkan perubahan warna kuning pada mata.

  • Kelainan Darah

Adanya kelainan darah tertentu seperti anemia sel sabit, anemia hemolitik imun, maupun reaksi ketidakcocokan transfusi darah dapat memengaruhi produksi dan umur sel darah merah (eritrosit) yang pada akhirnya mampu menyebabkan mata kuning.

  • Kelainan Genetik Langka

Kelainan bawaan ini dapat memengaruhi cara organ Hati memproses bilirubin yang menjadi pemicu kondisi mata kuning.

  • Pinguecula

Ini merupakan pertumbuhan jinak (non-kanker) berwarna kuning yang terjadi pada mata, khususnya bagian konjungtiva. Biasanya disebabkan karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Pinguecula bisa diangkat dengan tindakan operasi oleh dokter spesialis mata.

Baca juga : Hati-Hati Pinguekula! Benjolan Tipis Kekuningan, Pengobatan dan Perawatan yang Harus Anda Ketahui

  • Beberapa Jenis Kanker

Seseorang yang menderita kanker termasuk Kanker Hati, Kanker Pankreas, dan Kanker Kantong Empedu bisa berpotensi mengalami perubahan warna kuning pada mata.

Dengan demikian, munculnya Mata Kuning pada umumnya merupakan indikator dari adanya gangguan kesehatan pada organ tubuh yang sebaiknya tidak disepelekan.

Segera Periksa Mata Yuk!

Jika Anda mengalami Mata Kuning, tidak disarankan untuk melakukan pengobatan sendiri. Sebaiknya jaga pola makan Anda dan segeralah melakukan konsultasi dokter mata untuk memastikan penyebabnya.

Dengan melakukan pemeriksaan, dokter mata akan mengidentifikasi faktor utama yang menyebabkan kondisi Mata Kuning Anda, sehingga selanjutnya bisa segera mengambil tindakan yang diperlukan.

Untuk itu, jangan segan untuk memeriksakan mata Anda sesegera mungkin, terlebih jika kondisi Mata Kuning sudah terjadi cukup lama. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah timbulnya masalah mata yang lebih serius.

Sangat penting untuk melakukan konsultasi secara berkala dengan dokter mata setidaknya setiap enam bulan sekali. Kunjungi klinik mata terdekat untuk menjalani pemeriksaan rutin.

Sumber : dr. Evy Apidian, Sp.M

 

Saksikan juga video edukasi seputar kesehatan mata berikut ini :

Bagikan:

Berikan Komentar