HomeDaftar Dokter MataInilah Alternatif Edukasi Kesehatan Mata Bagi FKTP

Inilah Alternatif Edukasi Kesehatan Mata Bagi FKTP

Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) harus bisa menyelesaikan kasus atau diagnosa kesehatan mata di tingkat dasar. Setidaknya ada 13 diagnosa yang harus diselesaikan di tingkat dasar. Namun, bukan hal yang sulit untuk melakukan upgrade kapasitas bagi tenaga medis FKTP. Sebab, FKTP bisa mendapatkan alternatif edukasi kesehatan mata melalui lemaba kesehatan mata swasta.

Sebagai pusat layanan kesehatan mata, klinik mata KMU salah satu yang berperan aktif sebagai edukator terkait kesehatan mata. Bukan hanya untuk masyarakat umum, organisasi, komunitas, melainkan juga untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Karena itu, para dokter mata Klinik Mata KMU juga aktif memberikan alternatif edukasi kesehatan mata secara teori tentang kesehatan mata dan workshop terkait alat pemeriksaan kesehatan mata.

Terdapat banyak program yang dibuat oleh Klinik Mata yang terletak di 5 lokasi di Jawa Timur (Gresik, Sidoarjo, Lamongan, Bojonegoro, dan Madura/Bangkalan), diantaranya: training untuk dokter mata, KMU Goes to School, privat education, hingga KMU Tour.

Baru ini, para tenaga medis dari perwakilan FKTP di Gresik mendapatkan kesempatan tour di Klinik Mata KMU Gresik untuk mendalami pengoperasian alat kesehatan mata yang digunakan untuk proses pemeriksaan. Program bernama KMU Tour ini diselenggarakan di KMU Gresik pada Senin (15/2) dan Kamis (18/2), serta di KMU Lamongan pada Jumat (19/2).

Baca Juga:

Puluhan Dokter Mata Dalami Operasi Katarak Modern


Butuh Dokter Mata Sub Spesialis Untuk Atasi Kebutaan Pada Ribuan Masyarakat


Rekomendasi Dokter Mata Lamongan Yang Bisa Kamu Pilih

KMU Tour Jadi Alternatif Edukasi Kesehatan Mata Bagi FKTP

KMU Tour adalah workshop yang diselenggarakan Klinik Mata KMU untuk tenaga medis di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terkait kesehatan mata dasar. KMU Tour ini akan dilaksanakan di berbagai daerah (khususnya wilayah sebaran cabang Klinik Mata KMU). Pemateri yang merupakan dokter spesialis mata KMU, akan mengenalkan sekaligus melakukan praktik pengoperasian alat kesehatan untuk proses pemeriksaan mata dan bisa dipraktikan langsung di FKTP. Peserta dalam workshop ini merupakan perwakilan dari setiap FKTP, dimana 1 workshop diikuti oleh 1 perwakilan FKTP.

Kegiatan KMU Tour ini menerapkan protokol kesehatan dengan baik, karena itu workshop dibagi menjadi per-sesi untuk menghindari kerumuman atau perkumpulan orang yang berlebih. Urutan pelaksanaan Workshop ini, disesuaikan dengan pendaftaran yang tercatat. Terkait tanggal dan waktu pelaksanaan, akan diinformasikan lebih lanjut kepada para peserta.

Narasumber dr. Uyik Unari, SpM(k) menjelaskan, dokter mata Klinik Mata KMU secara langsung memberikan arahan dan praktik terkait alat diagnosa ini. Bila saat ini, dirinya memberikan arahan pada KMU Tour di Gresik, sebagai alternatif edukasi kesehatan mata, maka dokter mata KMU berkesempatan memberikan edukasi kepada FKTP. “Jadi FKTP, khususnya di lokasi dimana KMU berada memiliki alternatif edukasi kesehatan mata terkait ilmu kesehatan mata hingga alat pemeriksaannya,” terang dia.

alternatif edukasi kesehatan mata
dr. Uyik saat memberikan pengarahan  & penjelasan terkait ilmu dan alat diagnosa kesehatan mata kepada FKTP.


Tujuannya edukasi di FKTP ini, tentu untuk sharing dan edukasi agar permasalahan/gangguan kesehatan mata yang bisa diatasi di FKTP bisa diselesaikan dengan tuntas. Agar kualitas hidup masyarakat semakin baik dan bermanfaat, maka KMU terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui kesehatan mata. “Salah satunya memberikan alternatif edukasi kesehatan mata kepada tenaga medis yang berhubungan langsung dengan masyarakat, seperti di FKTP ini.

Selanjutnya, KMU juga memberikan privat education kepada FKTP. Seperti Puskesmas Cerme baru ini, pada Senin (22/3) dokter Mata KMU dr. Uyik Unari, SpM(K) langsung datang ke Puskesmas Cerme untuk memberikan penjelasan penggunaan alat kesehatan/diagnosa untuk permasalahan mata yang ada di sana. “Jadi sudah kita lakukan di berbagai cabang, dan akan terus kita lakukan secara bergilir edukasi di FKTP-FKTP ini,” lanjutnya.

dr. Dian Eka dari Puskesmas Kebomas mengaku, KMU Tour ini sangat membantu ia dalam memperdalam ilmu medis terkait kesehatan mata. Dimana teori yang dijelaskan oleh dokter spesialis mata berpengalaman yang sangat jelas dan aplikatif. “Karena ini workshop, jadi membuat  kita menjadi lebih mudah melihat pemeriksaan alat-alat diagnosa gangguan refraksi seperti tonometri, hingga lensa dan alat-alat kesehatan mata, mengingat gangguan refraksi ini ke depannya harus benar-benar bisa dituntaskan di FKTP,” urainya.

Tonton video edukasi tentang kesehatan menarik lainnya:

https://www.youtube.com/watch?v=QFrQPsThkWw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

DOKTER MATA