mencegah mata tua
Diposting oleh :

Ini Dia 5 Cara Mencegah Mata Tua (Presbiopi) dan Solusi Pengobatannya

Seiring bertambahnya usia, tubuh manusia mungkin akan mengalami penurunan fungsi dan tidak lagi bisa bekerja dengan normal seperti sedia kala, termasuk juga bagian mata. Maka tidak heran jika banyak orang usia lanjut yang menderita gangguan penglihatan.

Mungkin Anda juga pernah melihat orang tua yang seringkali menjauhkan objek ketika sedang membaca. Nah, kondisi ini disebut dengan istilah Presbiopi atau mata tua, dimana penderitanya akan mengalami kesulitan untuk melihat objek dalam jarak dekat.

Lantas, adakah upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah mata tua ini agar tidak sampai terjadi? Dan jika sudah terkena apakah bisa sembuh?

Untuk lebih mengenal tentang Presbiopi, mari simak penjelasan berikut mengenai apa itu Presbiopi, cara pencegahan, hingga langkah pengobatannya.

Baca juga :
Kelainan Refraksi Dapat Sebabkan Kebutaan? Begini Pengobatannya
Tips Produktif di Usia Tua untuk Orang Terkasihmu

Apa yang Menyebabkan Gangguan Mata Tua (Presbiopi)?

mencegah mata tua

Presbiopi atau mata tua merupakan salah satu gangguan penglihatan selain Katarak yang dipengaruhi oleh faktor usia. Umumnya terjadi pada orang yang berusia di atas 40 tahun, dimana daya akomodasi pada penglihatan jarak dekat berkurang karena proses penuaan.

Bahkan seseorang yang tidak memiliki kelainan refraksi sebelumnya pun, pada usia 44 hingga 46 tahun akan mulai merasakan ketidakmampuan untuk membaca tulisan kecil atau membedakan benda kecil dalam jarak dekat.

Pada usia ini, fungsi otot dan saraf mata mulai mengalami penurunan, yang menyebabkan berkurangnya elastisitas lensa mata seiring meningkatnya usia. Hal ini berakibat pada terganggunya fokus cahaya pada retina sehingga penglihatan jarak dekat menjadi kabur.

Gejala yang dialami para penderita presbiopi biasanya ditandai dengan sering menyipitkan mata saat melihat, menjauhkan objek bacaan, mata terasa mudah lelah dan berair, hingga sulit untuk memfokuskan pandangan dalam jarak dekat.

Faktor usia memang menjadi penyebab utama Presbiopi. Namun ada beberapa faktor lain yang juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan mata Presbiopi, yaitu : 

  • Adanya trauma atau penyakit mata tertentu
  • Efek samping dari mengkonsumsi obat-obatan tertentu
  • Memiliki riwayat penyakit Diabetes, Jantung, atau Sirkulasi Darah yang buruk

Baca juga :
Operasi Katarak
Operasi Katarak Gratis

Apakah Presbiopi Bisa Disembuhkan?

Hingga saat ini, belum ada metode alami yang dapat mengembalikan penglihatan para penderita presbiopi ke kondisi normal. Tetapi tidak perlu khawatir, karena ada beberapa pilihan pengobatan yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan presbiopi.

Biasanya, dokter mata akan merekomendasikan penggunaan kacamata atau lensa kontak sebagai alat bantu penglihatan sehingga objek dengan jarak yang dekat dapat terlihat jelas. Namun sayangnya, dua hal tersebut tidak bisa menghilangkan presbiopi secara permanen.

Berbagai gangguan refraksi termasuk presbiopi bisa disembuhkan secara permanen dengan melalui metode operasi refraktif, seperti Lasik. Prosedur ini dilakukan dengan memperbaiki bentuk kornea untuk mengembalikan fokus mata sehingga bisa melihat dengan normal.

Sebaiknya, jangan lupa untuk konsultasi dokter mata terlebih dahulu sebelum menjalani prosedur Lasik agar dapat memahami risiko yang mungkin terjadi di masa depan.

Cara Mencegah Mata Tua (Presbiopi)

Pada dasarnya, kita tidak bisa menghindari presbiopi karena kondisi ini merupakan bagian dari proses penuaan. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir dan mencegah terjadinya presbiopi prematur (presbiopi sebelum usia 40 tahun), antara lain :

  1. Konsumsi Nutrisi yang Tepat : Makan makanan yang kaya akan nutrisi, terutama mengandung Vitamin A, C, dan E yang dapat membantu menjaga kesehatan mata.
  2. Batasi Durasi Menatap Layar : Sebisa mungkin kurangi penggunaan ponsel atau komputer, beri waktu istirahat sejenak untuk mata agar tidak terlalu tegang.
  3. Mengatur Pencahayaan : Memastikan kondisi pencahayaan yang memadai ketika membaca atau melakukan kegiatan lainnya.
  4. Latihan Otot Mata : Terdapat terapi khusus yang dapat meningkatkan kekuatan otot mata dan menjaga kelenturan lensa mata.
  5. Gunakan Kacamata Pelindung Mata : Menggunakan kacamata anti radiasi yang dapat melindungi mata dari paparan sinar matahari (UV) yang berbahaya.

Menjaga kesehatan mata dapat juga dilakukan dengan senantiasa menjalani perawatan mata melalui kunjungan rutin ke dokter mata untuk pemeriksaan berkala. Hal ini dapat membantu mendeteksi dan mengatasi adanya potensi permasalahan mata sedini mungkin.

Baca juga :
Daftar 11 Tanaman Herbal untuk Mata Sehat, Pilih yang Menurutmu Menarik

Presbyond: Solusi Alternatif Atasi Presbiopi

Presbyond merupakan salah satu teknik operasi refraksi yang digunakan untuk mengatasi masalah mata tua atau presbiopi. Presbyond dapat mengembalikan penglihatan penderita presbiopi ke kondisi normal bahkan tidak perlu lagi menggunakan kacamata selamanya.

Pada dasarnya, presbyond memiliki teknik dan fungsi yang sama seperti Lasik, dimana menggunakan metode Laser Vision Correction (LVC) yang berfungsi untuk memperbaiki kornea dan mengikis atau mengurangi minus mata.

Hanya saja, teknik presbyond ini dilakukan pada kedua mata dengan membuat fungsi yang berbeda antara mata kiri dan kanan.

Mata yang paling dominan disesuaikan untuk dapat melihat objek jarak jauh, sementara mata yang kurang dominan akan disesuaikan untuk dapat melihat objek jarak dekat. Kedua fungsi ini kemudian disatukan oleh otak sehingga fokus penglihatan bisa kembali normal.

Kelebihan dari presbyond ini adalah proses tindakan yang cepat, minim rasa sakit dan nyeri pasca operasi, bisa menyesuaikan ukuran mata tua, dan yang pasti setelahnya bisa bebas dari penggunaan kacamata.

Untuk itu, jika Anda mengalami masalah presbiopi atau mata tua, presbyond bisa menjadi pilihan pengobatan alternatif Lasik yang bisa Anda pertimbangkan. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter mata mengenai kemungkinan dilakukannya tindakan ini.

Sumber : dr. Nuke Erlina, SpM

 

Saksikan juga video tentang teknologi pengobatan mata berikut :

Bagikan:

Berikan Komentar