Pengobatan & Terapi Buta Warna
Diposting oleh :

3 Pilihan Pengobatan & Terapi Buta Warna

Banyak penderita buta warna pada mata mengalami kesulitan dan seringkali menghambat pekerjaannya apalagi pekerjaan yang membutuhkan ketelitian terhadap warna. Banyak orang beranggapan, bahwasanya ada pengobatan & terapi buta warna yang bisa menjadi solusi. Selain itu penderita buta warna seringkali mengalami putus asa karena mimpinya harus terhambat, lalu bagaiman kita menyikapi hal tesebut.

Mengenal Buta Warna
Sebelum mengetahui pengobatan & terapi buta warna, kita harus kenal apa itu buta warna. Buta warna sendiri termasuk dalam golongan kelainan mata dimana kondisi sel kerucut tidak mampu menangkap spectrum warna tertentu, buta warna adalah gangguan disaat penderita tidak bisa membedakan warna yang bisa dibedakan oleh orang yang matanya normal, buta warna bisa disebabkan karena bawaan dari lahir atau berlebihan dalam mengonsumsi obat-obatan. 

Sel kerucut pada retina memiliki 3 macam yaitu S(Short), M(Medium), dan L(Large) semuanya dibedakan berdasarkan kemampuan panjangnya dalam menangkap gelombang warna, S(Short) memiliki kemampuan dalam menangkap gelombang yang pendek, M(Medium) menangkap gelombang yang sedang, dan L(Large) menangkap gelombang yang panjang). Sebab itu, pengobatan & terapi buta warna disesuaikan dengan jenisnya.

Baca Juga : 5 Hal Tentang Buta Warna Ini Patut Diketahui

Jenis-Jenis Buta Warna

Pengobatan & Terapi Buta Warna

Terdapat 3 jenis golongan buta warna yang memiliki kelemahan dan ciri-ciri masing masing.

  • Trichromatic

Buta warna Trichromatic memiliki 3 sel krucut tetapi memiliki persepsi warna yang berbeda dengan mata yang normal, contohnya mata normal melihat warna merah terang tetapi bagi penderita buta warna Trichomatic melihatnya berwarna merah muda sehingga persepsinya berbeda.

  • Dichromatic

Buta warna Dichromatik hanya memiliki 2 sel kerucut, buta warna ini biasa disebut dengan buta warna parsial yang hanya bisa melihan beberapa warna saja dan hanya bisa membedakan warna-warna tertentu saja.

  • Monokromatic

Buta warna Monokromatic hanya memiliki 1 sel kerucut, buta warna ini hanya bisa melihat satu jenis warna yaitu abu-abu, buta warna ini disebut sebagai buta warna total. Buta warna ini biasa dikarenakan oleh genetic atau keturunan.

Untuk memastikan jenis buta warna yang diderita, Anda dapat memeriksakannya ke dokter mata terdekat.

Baca Juga : Mengenal Buta Warna Beserta Jenisnya

Gejala Buta Warna

Seringkali banyak yang baru tahu menderita buta warna pada saat umur sekolah atau pada saat melakukan pengobatan & terapi buta warna dan biasanya itu karena turunan. Banyak juga yang menyangga bahwa orang tua mereka tidak ada yang buta warna tetapi kenapa dia buta warna, penyebab buta warna ada 2 yaitu

  • Genetik

Buta warna dapat terjadi karena faktor genetik yang diturunkan oleh orang tua atau keturunan kita, jadi kita dapat mengetahui apakah orang tua kita buta warna atau tidak. kita dapat mencegahnya dengan mencari pasangan yang tidak buta warna.

  • Karena faktor didapati 

yaitu akibat penyakit tertentu seperti saraf optik, kelainan degenarasi makula karena usia, dll. Disarankan untuk mengetahui penyebab dengan konsultasi di klinik mata terdekat atau bisa bertanya kepada perawat mata secara online.

Cara Mencegah Buta Warna

Mencegah buta warna bisa berdasarkan dilihat dari beberapa penyebab yang ada sebelumnya, tetapi untuk buta warna genetik sulit untuk disembukan oleh karena itu biasa penderita buta warna sering menggunakan alat bantu penglihatan. Untuk faktor didapat seperti akibat penyakit tertentu dapat dicegah dengan hidup yang sehat seperti menghindari minum alkohol berlebihan (oplosan)  dan menjaga kesehatan mata. penderita bisa memilih pengobatan & terapi buta warna sesuai dengan kondisinya.

Pengobatan & Terapi Buta Warna

Pengobatan

Berbeda dengan penyakit katarak yang proses penyembuhannya dapat melakukan operasi katarak. Pengobatan buta warna terbilang cukup sulit untuk faktor genetik dapat disembuhkan tetapi kalau faktor didapat yang disebabkan karena penyakit tertentu dapat disembukan berdasarkan penyebang-penyebabnya, bisa juga untuk memperbaiki generasi/keturunan dengan memilih pasangan dengan tidak mengidap buta warna. 

Terapi Buta Warna

Penyakit buta warna sangat berbeda dengan penyakit lainnya yang bahkan memerlukan penanganan khusus seperti lasik, tetapi buta warna sangat sulit disembuhkan apabila buta warna tersebut diakibatkan karena faktor genetik. Terdapat beberapa terapi buta warna yang bisa membantu penderita dalam melihat warna seperti mata orang normal, diantara lain adalah

  • Penggunaan Kacamata Buta Warna

Terdapat kacamata yang dapat membantu penderita dalam melihat warna

  • Penggunaan Teknologi Aplikasi

Bagi penderita buta warna sangat sulit melakukan aktifitas yang berhubungan dengan warna, tetapi hal itu dapat ditangani dengan adanya teknologi aplikasi untuk mendeteksi warna.

Tahapan Pemeriksaan Buta Warna

Untuk melakukan pemeriksaan buta warna, terdapat beberapa tahapan yang perlu di perhatikan. Berikut beberapa tahapan

  • Tahapan pemeriksaan buta warna di Faskes 1

Pengobatan & Terapi Buta Warna

Pemeriksaan ini bisa menggunakan Visus yaitu alat untuk menentukan tajamnya penglihatan, selain itu dapat menggunakan Isishara sebagai tes buta warna setalah melakukan tes visus.

  • Melakukan analisis penyebab buta warna

Setelah melakukan pemeriksaan Bisus dan Isihara, maka bagi penderita buta warna akan dicari tahu penyebabnya dan segera di rujuk ke dokter spesialis mata.

Baca juga : Perbedaan Tes Buta Warna di Klinik Mata dan Umum

Itulah pengobatan & terapi buta warna. Buta warna bukanlah menjadi penghalang kehidupan, selain karena faktor genetik, buta warna juga dapat disebabkan karena faktor eksternal yang dapat dicegah dengan pola hidup yang sehat, mari kita jaga kesehatan mata kita dengan selalu cek rutin kesehatan mata kita di klinik mata terdekat.

Silakan Saksikan Video Lain Tentang Kesehatan Mata :

Bagikan:

Berikan Komentar