HomeKelainan Mata5 Hal Tentang Buta Warna Ini Patut Diketahui

5 Hal Tentang Buta Warna Ini Patut Diketahui

Ada 5 fakta buta warna yang harus diketahui agar penanganan buta warna bisa maksimal. Kenali faktanya, agar terhindar dari informasi mitos.

Mungkin kamu sering dibingungkan terkait informasi tentang buta warna. Buta Warna merupakan penglihatan warna-warna yang tidak sempurna, karena sel-sel retina tidak mampu merespon warna dengan semestinya. Sehingga, sel-sel kerucut di dalam retina mata mengalami pelemahan atau kerusakan permanen.

Artikel Terkait: Cek Biaya Tes Buta Warna di Sidoarjo 2021

Tentang Buta Warna

Fakta tentang buta warna

Hal ini dijelaskan oleh Dokter Spesialis Mata dr. Irma Suryani, . Kamu harus mengetahui 5 hal penting tentang Buta Warna ini:

1. Tidak Dapat Membedakan Warna

Penderita buta warna tidak dapat membedakan warna hijau dan merah, atau warna lain. Hal ini merupakan mitos loh! Banyak orang beranggapan, penderita Buta Warna hanya susah membedakan warna hijau dan merah, padahal bisa jadi penderita susah membedakan semua warna

2. Tipe Buta Warna

Ada 2 tipe utama Buta Warna yang perlu kamu ketahui:

a.  Tipe protan
Penderita tidak dapat membedakan warna hijau karena bagian mata yang sensitive terhadap warna hijau tersebut rusak.

b. Tipe deutan
Penderita tidak dapat membedakan warna merah karena bagian mata yang sensitif terhadap warna merah. Tipe deutan ini paling sering terjadi di masyarakat.

3. Bisa Menjadi Penyakit Penyerta

Buta warna dapat juga ditemukan pada penyakit makula, saraf optik, dan kelainan retina. Pada kelainan retina, ditemukan cacat relatif penglihatan warna biru dan kuning. Sedangkan, kelainan saraf optik berdampak pada kesulitan penderita melihat warna merah dan hijau.

4. Penyakit Genetik

Buta warna merupakan penyakit keturunan yang dominan atau didominasi para pria, tetapi tidak pada wanita. Wanita secara genitis sebagai carrier.

5. Susah Membedakan Warna Tertentu Saja

Penderita buta warna tidak buta terhadap seluruh warna. Akan lebih tepat bila disebut gejala defisiensi daya melihat warna tertentu saja atau colour vision difiency.

Artikel Terkait: Perbedaan Tes Buta Warna di Klinik Mata dan Umum

Kapan Harus ke Dokter Mata?

Sebagian besar masyarakat, justru mengetahui bahwa dirinya mengalami buta warna ketika sudah dewasa. Itupun, mereka ketahui ketika melakukan pemeriksaan mata di RS/Klinik mata. Mengapa demikian? Sebab tidak seperti penyakit lain, missal: Katarak, kelainan refraksi, Glaukoma, mata merah, dll.

Buta warna ini hanya diketahui oleh si pasien, dan orang lain tidak bisa mengetahuinya (tanpa pemeriksaan detail dari dokter mata). Bahkan, beberapa penderita buta warna merasa penglihatan seorang manusia adalah seperti apa yang ia lihat.

Artikel Terkait: Mengenal Jenis Buta Warna! Nomor 3 Paling Mengkhawatirkan

Bila penyakit mata lain bisa disembuhkan dengan tindakan operatif, seperti Katarak yang bisa sembuh dengan operasi Katarak, mata minus bisa sembuh dengan operasi Lasik. Maka obat buta warna ini belum ada dan hanya bisa dibantu dengan bantuan lensa atau kacamata.


Semoga 5 informasi tentang buta warna ini bisa memberikanmu pencerahan tentang salah satu gangguan penglihatan ini.

Saksikan Video Tentang Kesehatan Mata Ini

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

DOKTER MATA