Tekanan bola mata perlu untuk diwaspadai
Diposting oleh :

Waspadai Ancaman Tekanan Bola Mata Tinggi

Tekanan bola mata tinggi (Hipertensi Okular) adalah kondisi saat tekanan dalam bola mata lebih tinggi daripada ukuran normal. Ukurannya dapat bervariasi sehingga bukan sebuah nilai yang tetap. Namun umumnya berkisar antara 10-21 mmHg. Sehingga bila ukurannya melebihi 21 mmHg perlu untuk diwaspadai.

Hipertensi Okular dialami oleh mereka yang telah berusia diatas 40 tahun. Jika dibiarkan dapat menyebabkan Glaukoma, salah satu penyakit yang mengakibatkan kebutaan. Sehingga perlu dilakukan deteksi dini untuk mencegah terjadinya keluhan ini.

Penyebab Tekanan Bola Mata Tinggi

Trauma mata dapat memicu tekanan bola mata
Trauma mata dapat memicu tekanan bola mata

Penyebabnya sebenarnya hampir mirip dengan Glaukoma. Keluhan ini diakibatkan oleh beberapa hal yaitu:

  • Produksi dan pengeluaran cairan yang tidak seimbang

Mata menghasilkan cairan bening yang disebut aqueous. Bila cairan ini diproduksi secara berlebihan dan tidak diiimbangi dengan pengeluaran yang memadai maka akan meningkatkan tekanan bola mata. Kondisi ini juga dipengaruhi oleh saluran drainase dalam mata yang tidak berfungsi dengan baik.

  • Konsumsi obat-obatan

Mengkonsumsi obat kortikosteroid dalam jangka panjang dapat memberikan efek samping munculnya tekanan bola mata 

  • Trauma mata

Seseorang yang pernah mengalami cedera atau operasi mata dapat mempengaruhi keseimbangan produksi dan drainase cairan di mata. Kondisi inilah yang menyebabkan munculnya tekanan bola mata. Umumnya keluhan ini muncul setelah beberapa lama pasca terjadinya cedera atau operasi.

Artikel terkait:

Pemeriksaan Tekanan Bola Mata

Tonometer non kontak
Tonometer non kontak

Keluhan ini tidak memiliki gejala apapun bahkan seringkali penderitanya tidak merasa sakit. Sehingga penderita sering kali tidak menyadari kondisi ini. Untuk mengetahuinya perlu dilakukan serangkaian pemeriksaan lengkap pada mata dengan melakukan pengukuran menggunakan alat khusus. Ada beberapa macam alat untuk mengukur tekanan bola mata, diantaranya adalah: 

1.Tonometer Non Kontak

Alat ini mengukur tanpa memerlukan kontak dengan mata pasien. Dengan menggunakan hembusan angin, alat ini akan meratakan lapisan pada Kornea. Alat ini juga digunakan saat melakukan pemeriksaan sebelum operasi Katarak.

2. Tonometer Applanasi Goldman

Alat ini sangat umum digunakan, bahkan dianggap sebagai cara yang paling andal, untuk mengukur tekanan dalam bola mata. Tonometer Applanasi Goldman digunakan dengan menyentuh area bola mata untuk melihat permukaan mata. Namun anda tidak perlu khawatir karena pemeriksaan ini aman dan tidak nyeri karena nantinya akan diberi obat tetes anti nyeri terlebih dahulu.

3. Tonometri Rebound

Alat ini digunakan bersamaan dengan probe kecil yang ditempatkan pada Kornea. Nantinya alat ini akan digerakkan untuk mengukur respon mata pada sentuhan. Salah satu keunggulan alat ini adalah penggunaannya yang praktis dan tidak memerlukan obat tetes mata, sehingga anda dapat menggunakannya sendiri di rumah.

4. Tonometer

Alat ini digunakan dengan menyentuh Kornea dan mengevaluasi lekukannya. Untuk menggunakan diperlukan obat tetes mati rasa sebelum dilakukan pemeriksaan.

Untuk melakukan tes ini anda dapat mengunjungi dokter mata atau klinik mata terpercaya. Dengan melakukan pemeriksaan tekanan dalam bola mata sedini mungkin, anda dapat mencegah terjadinya kehilangan penglihatan secara tiba-tiba.

Artikel terkait:

Pengobatan Tekanan Bola Mata Tinggi

Obat tetes mata dapat menurunkan tekanan bola mata
Obat tetes mata dapat menurunkan tekanan bola mata

Tekanan bola mata diobati dalam rangka menurunkan tekanannya dan mencegah terjadinya komplikasi. Terdapat dua cara untuk mengobatinya yaitu:

  • Obat tetes mata

Umumnya dokter mata akan meresepkan obat tetes mata untuk mengurangi tekanan. Obat ini berfungsi untuk mengurangi cairan yang dihasilkan mata. Beberapa obat tetes mata yang umum digunakan adalah Prostaglandin, Beta Blocker, Agonis Alfa-adrenergik, Inhibitor Karbonat Anhidrase dan Kolinergik.

  • Laser 

Untuk menurunkan tekanan dalam bola mata dapat dilakukan laser. Perlu diketahui bahwa metode laser ini bukanlah Lasik. Terdapat dua jenis laser yang dapat dilakukan yaitu Iridotomi dan Trabekuloplasti.

Untuk menambah pengetahuan terkait kesehatan mata, tonton video berikut ini :

Bagikan:

Berikan Komentar