Mata Berdarah Akibat Main HP
Diposting oleh :

Mata Berdarah Akibat Main HP? Ini Alasannya

Salah satu isu yang sering disorot adalah dampak buruk pada mata akibat kebiasaan bermain hp. Mata berdarah, seakan menjadi sindrom yang melekat pada aktivitas ini. Namun, benarkah statement tersebut? Mengapa begitu banyak kalangan, terutama ibu-ibu ya, yang seringkali menyebut hp sebagai penyebab dari mata berdarah? Untuk mengungkap kebenaran di balik kondisi ini, yuk kita cari tahu bersama-sama apakah mata berdarah akibat main hp hanya mitos belaka, ataukah ada fakta medis yang mendukungnya. Agar kita dapat memahami lebih dalam mengenai dampak penggunaan hp pada mata, yuk langsung saja simak pembahasan lengkapnya disini!

Mata Berdarah: Tanda dan Penyebab

Perdarahan Subkonjungtiva - Mata Berdarah Akibat Main HP

Mata berdarah, atau yang dalam dunia medis disebut perdarahan Subkonjungtiva, merupakan kondisi di mana darah keluar pada bagian antara lapisan putih mata (Sklera) dan Konjungtiva atau lapisan bening bola mata. Jika kamu perhatikan, gejala mata berdarah ini tidak hanya sebatas mata yang terlihat merah, seperti mata yang teriritasi atau terkena konjungtivitis.

Sebelum kita membahas apakah mata berdarah bisa disebabkan oleh aktivitas bermain hp atau tidak, perlu kita ketahui tanda dan penyebab dari kondisi ini.

Baca juga:
Operasi Katarak
Lasik
5 Tanda Bahaya Mata Ini Harus Diwaspadai

Tanda Mata Berdarah

Mata yang terkena perdarahan cenderung memiliki warna merah pekat, namun, tidak seluruh bagian putih mata ikut berubah warna, melainkan hanya sebagian tertentu. Meskipun terlihat mengerikan, penderita biasanya tidak mengalami gangguan penglihatan atau gejala lainnya, berbeda dengan kondisi mata seperti katarak yang dapat menyebabkan penglihatan buram dan berkabut.

Penyebab Mata Berdarah

Salah satu dokter mata yakni dr. Idham SpM menjelaskan beberapa penyebab mata berdarah, antara lain:

  • Kondisi Bawaan (Congenital): Terjadi sejak bayi yang mata tergesek di jalan lahir.
  • Infeksi Virus: Mata terpapar virus yang membentuk membran dan tak sengaja dikucek.
  • Neoplasma (Tumor Mata): Tumor yang mudah pecah, memerlukan operasi.
  • Trauma Mata: Akibat terkena benda tumpul, tajam, atau trauma kimia.

 

Selain itu, beberapa faktor lain yang dapat memicu mata berdarah melibatkan aktivitas sehari-hari, seperti bersin atau batuk terlalu kuat, tekanan darah tinggi, mengucek mata dengan berlebihan, dan masalah pembekuan darah.

Apakah Benar Penyebab dari Mata Berdarah Akibat Main HP?

Mata Berdarah Akibat Main HP

Melihat dari beberapa potensi penyebab mata berdarah, tak bisa dipungkiri bahwa banyak orang tua yang merasa khawatir terhadap dampak durasi anak-anak bermain hp. Dengan lantangnya, mereka menyuarakan kekhawatiran bahwa kebiasaan bermain hp dapat merusak mata, seringkali dengan gambaran mencekam yang bertujuan mengurangi intensitas penggunaan gadget.

Namun sebenarnya, statement bahwa mata berdarah akibat main hp perlu dicari tahu kebenarannya terlebih dahulu. Terdapat keyakinan umum bahwa mata berdarah adalah hasil dari seringnya menatap layar hp, namun fakta menunjukkan sebaliknya. Mata berdarah tidak secara langsung dipicu oleh intensitas penggunaan hp. Faktanya, penyebab utama mata berdarah berkaitan dengan faktor-faktor lain yang tidak memiliki hubungan langsung dengan perangkat gawai.

Bagi para orang tua yang merasa cemas terhadap dampak bermain hp pada mata anak-anak, dapat dijelaskan bahwa mata berdarah bukanlah salah satu risiko utama yang harus ditakuti. Namun, hal yang perlu diwaspadai adalah dampak lain yang mungkin muncul, terutama pada anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan. Beberapa dampak nyata yang dapat dirasakan seperti peningkatan mata minus dan kemungkinan iritasi mata seperti dry eye atau Computer Vision Syndrome, yang perlu diperhatikan secara lebih mendalam. Dengan pemahaman yang tepat, kita dapat mengontrol penggunaan hp dengan bijak tanpa perlu terlalu khawatir dengan mitos yang tidak berdasar mengenai mata berdarah akibat main hp.

Baca juga:
Operasi Katarak Gratis
Perdarahan Subkonjungtiva: Penyebab, Gejala, Hingga Pengobatan
Katarak

Yang Harus Dilakukan Ketika Mata Berdarah

Mata berdarah mungkin terlihat menakutkan bagi sebagian orang, terutama jika seluruh mata tampak merah menyala. Meskipun demikian, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tidak ada gejala gangguan penglihatan terkait dengan kondisi ini, dan untuk pengobatan tidak diperlukan perawatan khusus dari dokter.

Ketika mengalami mata berdarah, sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dokter mata guna mengetahui penyebab pastinya. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan mungkin menanyakan beberapa pertanyaan terkait keluhan yang kamu alami. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin akan merekomendasikan pemeriksaan lanjutan, seperti tes darah, untuk memastikan apakah ada gangguan perdarahan atau tidak.

Selanjutnya, dokter mata akan memberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi mata berdarah yang kamu alami. Ini bisa melibatkan pemberian resep obat tetes mata atau tindakan lain yang disesuaikan dengan diagnosa penyebabnya.

Meskipun sebagian besar mata berdarah akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1–2 minggu, tergantung pada kondisi dan penyebabnya, tetap penting untuk melakukan kontrol rutin ke dokter. Ini membantu memastikan pemulihan yang optimal dan mencegah kemungkinan komplikasi. Meskipun tidak semua kasus mata berdarah berbahaya, pemeriksaan dokter dapat memberikan diagnosa dan penanganan yang tepat untuk mempercepat proses penyembuhan dan mencegah resiko berkembangnya kondisi yang lebih serius. Ingatlah, kesehatan mata kamu adalah hal yang berharga, jadi jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter mata jika mengalami mata berdarah.

Sumber : dr. Idham Mustahid, SpM,

Tonton juga video edukasi kesehatan mata lainnya disini!

Bagikan:

Berikan Komentar