penglihatan buram dan pusing
Diposting oleh :

Penyebab Penglihatan Buram dan Pusing yang Kamu Harus Tau

Penglihatan buram dan pusing dapat dipicu oleh beragam hal. Misalnya,  bisa karena stres,  reaksi medikasi tertentu,  maupun karena kondisi penglihatan. Pada kasus tertentu, mungkin  saja penglihatan buram dan pusing ini disertai dengan perasan mual dan nyeri kepala. Konsultasi dan pemeriksaan dokter tentu saja adalah cara yang paling tepat untuk memastikan faktor utama pemicu penglihatan buram dan pusing.

Penglihatan Buram dan Pusing

Yang dimaksud dengan penglihatan buram adalah ketika kita melihat objek di sekitar kita tidak jelas alias kabur. Penglihatan buram ini mungkin pula disertai dengan pusing-pusing.

Ketika kalian memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan untuk memastikan apa faktor penyebab dari penglihatan buram dan pusing ini, petugas medis mungkin saja menanyakan terlebih dahulu beberapa hal berikut ini.

  • Apakah kalian mengidap penyakit seperti diabetes, hipertensi, anemia sel sabit, atau lupus?
  • Apakah penglihatan buram dan pusing ini dibarengi dengan gejala lain seperti nyeri kepala, maupun mual?
  • Apakah kalian pernah mengalami cedera semisal terbentur atau terjatuh?
  • Apakah kalian sedang mengkonsumsi obat-obatan yang dapat mempengaruhi penglihatan, seperti steroid?

Penyebab Penglihatan Buram dan Pusing

Menurut Barden (2021), ada beberapa kondisi yang sejauh ini kerap mendorong terjadinya penglihatan buram dan pusing. Di antaranya adalah kondisi-kondisi berikut ini.

1. Kecemasan dan stres

Ketika kecemasan dan stres meningkat, kadar adrenalin meningkat pula, yang dapat menyebabkan gejala fisik seperti pusing, penglihatan buram, dan penglihatan berkunang-kunang

2. Konsumsi obat

Beberapa obat tertentu dapat menimbulkan efek samping, termasuk penglihatan buram dan pusing. Mengkonsumsi beberapa obat secara bersamaan atau minum alkohol dengan beberapa obat juga dapat meningkatkan gejala yang sama.

3. Gula darah rendah

Kadar gula darah rendah (hipoglikemia) umumnya dikaitkan dengan diabetes, meskipun keadaan lain seperti puasa dan reaksi terhadap obat juga dapat memicunya. Kadar gula darah rendah dapat menyebabkan penglihatan buram dan pusing, serta kelelahan dan kelaparan.

4. Gegar otak atau cedera otak

Cedera otak dan kepala dapat menyebabkan gejala yang berbeda-beda, tergantung pada tingkat keparahan cedera. Penglihatan buram dan pusing adalah beberapa di antaranya. 

Baca juga:
Bercak Merah pada Mata Bikin Panik, Cek Dulu Penyebabnya

Mengenal Kelainan Refraksi Beserta Mitos-mitosnya 

5. Sakit kepala migrain

Migrain adalah jenis sakit kepala hebat yang biasanya disertai rasa mual dan kepekaan terhadap suara dan cahaya. Dalam banyak kasus, migrain juga dapat menyebabkan penglihatan buram dan pusing.

6. Vertigo dan mabuk perjalanan

Vertigo adalah perasaan tidak seimbang dan berputar secara tiba-tiba yang terjadi bahkan ketika seseorang sedang duduk atau berdiri diam. Penglihatan buram sering kali terjadi bersamaan dengan rasa pusing akibat vertigo maupun mabuk perjalanan. 

7. Stroke

Stroke terjadi ketika ada gangguan pada suplai darah ke otak. Ada banyak gejala yang dapat mengindikasikan stroke, termasuk kesulitan berbicara, sakit kepala yang timbul secara tiba-tiba, dan mati rasa atau kelemahan pada satu sisi tubuh atau wajah. Gejala juga dapat mencakup penglihatan kabur dan pusing. 

8. Kondisi penglihatan

Beberapa disfungsi penglihatan dapat berperan bagi terjadinya penglihatan buram dan pusing dan penglihatan kabur. Salah satunya yaitu gangguan refraktif berupa mata minus dan silinder.

Salah satu gejala mata minus adalah memicingkan mata
Mata minus bisa menyebabkan penglihatan buram.

Menurut dr. Evy I Apidian Sp.M, dokter mata dari Klinik Mata KMU, Gresik, Jawa Timur,  apabila penglihatan seseorang itu buram kemudian dia sering juga mengalami nyeri kepala, ada kemungkinan ia mengalami minus atau bahkan minus ditambah adanya silinder.

Baca juga:

Katarak

Operasi Katarak

Operasi Katarak Gratis

“Jika terjadi kondisi seperti ini, maka diharapkan bisa menggunakan kacamata yang sesuai dengan resep dokter,” jelas dr. Evy.

Ditambahkannya bahwa kadang-kadang ada beberapa pasien yang memang seharusnya sudah memakai kacamata, namun kacamatanya tidak dipakai dan akhirnya kondisi penglihatannya tambah buram.

“Jadi, memang penglihatannya harus diperiksa ulang untuk memastikan apakah sudah ada perubahan ukuran kacamata atau belum,” tegasnya. 

Baca juga: 

LASIK

Gambaran Bius pada Operasi LASIK Mata

Pentingnya Periksa Mata dan Memastikan Penyebab Mata Buram dan Pusing 

Melakukan konsultasi dokter mata dan melakukan pemeriksaan mata menjadi kunci untuk memastikan apa penyebab di balik kondisi penglihatan buram dan pusing.

Semakin cepat melakukan konsultasi dokter mata dan melakukan pemeriksaan mata, maka semakin baik. Karena bakal segera diketahui penyebab penglihatan buram dan pusing sehingga bisa segera pula diambil langkah-langkah penanganan secara medis yang sesuai dan memadai.

Jangan sampai kalian menunda-nunda melakukan konsultasi dokter mata dan pemeriksaan mata ketika mengalami penglihatan buram dan pusing karena dikhawatirkan kondisi penglihatan malah bakal bertambah buruk.

Untuk update terkini seputar informasi dan edukasi kesehatan mata, simak dan ikuti terus kanal-kanal medsos kami.

Sumber: dr. Evy I Apidian Sp.M

Bagikan:

Berikan Komentar