Xanthelasma
Diposting oleh :

Xanthelasma : Gejala, Penyebab, Hingga Pengobatan

Ada banyak sekali jenis penyakit atau gangguan yang terjadi pada mata dan tentunya akan mengganggu aktivitas sehari hari apabila tidak ditangani, Xanthelasma merupakan salah satu jenis penyakit mata yang sering di keluhkan oleh pasien dokter mata. 

Umumnya penyakit tersebut terjadi pada kalangan usia 30 tahun sampai 50 tahun serta penyakit ini menjadi indikasi bahwa kadar kolesterol pada mata cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui kadar kolesterol yang terlalu tinggi akan mengganggu fungsi dari organ yang ada pada tubuh manusia termasuk mata. 

Maka pada kesempatan kali akan mengulas terkait penyakit yang menjadi indikasi tingginya tingkat kolesterol pada mata. Simak penjelasan berikut ini untuk informasi selengkapnya mengenai penyakit Xanthelasma !

Xanthelasma

Apa Itu Xanthelasma ? 

Tentunya untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai penyakit Xanthelasma, maka akan dibantu oleh salah satu dokter spesialis mata bernama dr.Tania Rahmania Maulani, Sp.M. beliau merupakan dokter mata yang telah berpengalaman pada bidang kesehatan mata. 

Menurut dokter Tania penyakit Xanthelasma merupakan Lesi berwarna kekuning – kuningan yang muncul pada area kelopak mata bagian atas. Secara umum memang Lesi  atau benjolan kecil sebiji jagung yang muncul pada kelopak mata bagian atas tidak berbahaya akan tetapi bisa mengganggu fungsi atau gerak kelopak mata dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. 

Pada penyakit ini risiko terkena pada pasien wanita dan pria secara perbandingan yaitu wanita : pria (4:1) biasanya 8 wanita yang terkena dan 2 pria yang terkena. Rentan usia yang bisa mengalami penyakit ini kisaran 30 tahun sampai 50 tahun, gaya pola hidup yang buruk seperti sering makan sembarangan bisa meningkatkan risiko terkena penyakit tersebut. 

Baca juga : 

Katarak

Operasi Katarak

Operasi Katarak Gratis 

Apa Saja Penyebabnya ? 

Adapun beberapa penyebab terjadinya penyakit Xanthelasma menurut penjelasan dari dokter Tania, antara lain : 

  1. Tingginya kadar kolesterol :kolesterol sendiri terbagi menjadi 2 yaitu kolesterol  baik (HDL) dan buruk (LDL). Pada kondisi LDL yang lebih tinggi daripada HDL membuat tidak bisa dimetabolisme dengan baik dan akhirnya menumpuk dibawah kulit. 
  2. Merokok: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang merokok bisa berisiko terkena 
  3. Penyakit Metabolik: Kondisi seperti diabetes dan hipotiroidisme juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko terkena penyakit tersebut. 
  4. Konsumsi alkohol : konsumsi alkohol berlebih tentunya akan mempengaruhi kadar kolesterol buruk

Baca juga : 

Lasik 

Kacamata Buta Warna Bantu Penderita Melihat Lebih Jelas? Cek Faktanya

Konsumsi Vitamin A untuk Kesehatan Mata, Ini Batas yang Dianjurkan

Xanthelasma

Apa Saja Faktor Risiko ?

Adapun beberapa faktor risiko dari Xanthelasma, antara lain : 

  1. Kolesterol Tinggi: Tingkat kolesterol darah yang tinggi (hiperlipidemia) adalah faktor risiko utama. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan lemak di bawah kulit di sekitar mata.
  2. Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah: Orang dengan penyakit jantung koroner atau penyakit pembuluh darah lainnya seringkali memiliki tingkat kolesterol yang tinggi
  3. Diabetes: Orang dengan diabetes, terutama diabetes tipe 2, cenderung memiliki kadar lipid darah yang tidak terkendali, yang dapat meningkatkan risiko
  4. Obesitas: Obesitas sering kali terkait dengan peningkatan kadar kolesterol darah 

Apa Saja Gejalanya ?

Penting untuk mengetahui dari gejala penyakit Xanthelasma supaya kondisi penyakit tidak bertambah parah. Umumnya gejala yang timbul adalah munculnya benjolan kecil berwarna kekuning – kuningan pada bagian atas kelopak mata dan secara estetika akan terganggu. 

Biasanya gejala yang muncul tidak menyebabkan gejala seperti gatal atau nyeri. Mereka cenderung tidak bersifat meradang. Xanthelasma umumnya tumbuh secara bertahap selama periode waktu yang panjang. Mereka mungkin mulai kecil dan berkembang menjadi lebih besar seiring berjalannya waktu.

Xanthelasma

Kapan Melakukan Pengobatan & Pencegahan ?

Memang penyakit Xanthelasma tidak berbahaya dan tidak perlu dilakukan operasi kecuali untuk alasan estetika. Meskipun begitu tetap harus dilakukan penanganan apabila sudah timbul gejala atau bahkan sudah mengalaminya. 

Ketika melakukan konsultasi dokter mata, penderita akan disarankan untuk periksa ke dokter jantung untuk mengecek tingginya kadar kolesterol karena penyebab utama dari penyakit ini adalah karena tingginya tingkat kadar kolesterol buruk. Ada beberapa jenis penangananya, antara lain :

  • Krioterapi
  • Operasi 
  • Laser 
  • Radiofrequency advanced electrolysis
  • Chemical peeling

Oleh karena itu untuk membantu proses penyembuhan penyakit tersebut, maka ayo untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter mata dan mencegah terjadinya gangguan tambahan pada mata. 

Sumber : dr. Tania Rahmania Maulani, Sp.M.

 

Saksikan juga video lain tentang kesehatan mata di bawah ini : 

Bagikan:

Berikan Komentar