Penyebab kebutaan
Diposting oleh :

Waspada Penyebab Kebutaan Mata Yang Bisa Dihindari

Kebutaan pada mata merupakan mimpi buruk bagi setiap orang karena jika mengalami kebutaan penglihatan mata akan menjadi gelap dan tidak dapat melihat objek di sekitar, maka dari itu penting untuk tahu penyebab kebutaan pada mata sehingga pencegahan masih sangat mungkin untuk dilakukan. 

WHO atau World Health Organization menyatakan untuk saat ini penyakit Katarak menjadi penyebab kebutaan nomor 1 dunia, Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa di Indonesia sendiri Katarak juga masih menjadi penyebab hilangnya penglihatan. Namun penyebab hilangnya penglihatan bukan hanya penyakit Katarak ada faktor juga tentunya. 

Mengingat mata merupakan organ salah satu organ penting bagi manusia dan apabila terjadi kebutaan maka akan mempengaruhi kualitas hidup. Nah, pada kesempatan saat ini dokter mata akan mengulas penjelasan mengenai faktor atau penyebab terjadinya kebutaan pada mata, simak penjelasan berikut ini untuk informasi selengkapnya ! 

 

Baca juga : 

Operasi Katarak Gratis 

Mata Sering Kelilipan Mengganggu Aktivitas, Ini Penyebabnya

Rekomendasi Periksa Mata Buka Sampai Malam di Lamongan

Penyebab kebutaan

Apa Saja Penyebab Kebutaan Pada Mata ? 

Sebelum membahas mengenai penyebab kebutaan pada mata, maka dokter mata akan mengulas sedikit penjelasan tentang kebutaan pada mata itu sendiri. Kebutaan pada mata merupakan suatu kondisi dimana ketidakmampuan seseorang melihat suatu objek dengan dengan jelas, baik pada satu mata ataupun kedua mata.

Menurut WHO (World Health Organization) seseorang dinyatakan mengalami kebutaan apabila memiliki tingkat ketajaman penglihatan 3 hingga 6 meter sedangkan pada mata yang normal orang dapat melihat objek dengan jelas dengan jarak yaitu 60 meter. Kebutaan pada mata bisa terjadi pada semua usia tergantung dari penyebabnya itu sendiri. 

Kebutaan yang terjadi pada mata manusia bisa terjadi secara tiba – tiba ataupun secara perlahan yang diakibatkan oleh faktor usia. Penyebab kebutaan pada bisa terjadi karena beberapa faktor, misalnya karena faktor usia, trauma mata dan penyakit mata. Berikut beberapa penyebab terjadinya kebutaan, antara lain : 

  1. Kebutaan karena kelainan bawaan atau kelainan dari lahir, bayi yang baru lahir bisa juga terkena kebutaan yang penyebabnya beragam misalnya, terjadi kelainan genetik, kelahiran prematur, atau infeksi selama kehamilan. 
  2. Infeksi karena bakteri atau virus yang mengakibatkan peradangan pada kornea bisa menyebabkan kebutaan misalnya pada penyakit Keratitis, Trakoma.
  3. Trauma mata bisa menyebabkan kebutaan apabila trauma mata yang dialami sampai merusak bagian kornea atau jaringan lain di sekitar mata, trauma ini bisa dari benda tumpul, benda tajam atau juga cairan kimia. 
  4. Penyakit saraf mata yaitu Neuritis Optik yang dimana saraf mata akan mengalami peradangan ditandai dengan buramnya penglihatan pada salah satu mata dan nyeri pada mata dan bisa menjadi penyebab kebutaan pada mata. 
  5. Penyakit degeneratif atau penuaan, umumnya penyakit yang sering terjadi karena penuaan adalah penyakit Katarak yang tentunya ini bisa menyebabkan kebutaan pada mata apabila kondisinya kronis. Kebutaan yang terjadi karena Katarak ini masih bisa tertolong dengan melakukan operasi Katarak pada mata. 

Seseorang yang mengalami kebutaan umumnya akan mengalami beberapa gejala yang terjadi pada mata. Berikut beberapa gejala kebutaan pada mata, antara lain :

  • Penglihatan kabur
  • Mata terasa sakit
  • Timbul rasa tidak nyaman di mata yang berlangsung lama
  • Mata yang memerah
  • Lensa mata menjadi keruh

 

Baca juga : 

Bahaya Atau Tidak Kondisi Mata Kering Pada Lansia? Simak 6 Penyebabnya!

Endoftalmitis, Gangguan Mata Sebabkan Peradangan Hebat

Lasik

Penyebab kebutaan

Lakukan Pemeriksaan Pada Mata

Untuk memastikan penyebab kebutaan pada maka sebaiknya untuk segera melakukan pemeriksaan dan konsultasi dokter mata. Karena penyebab kebutaan pada ini beragam penyebabnya dan dengan melakukan pemeriksaan pada mata maka dokter mata akan melakukan diagnosa atau pemeriksaan secara menyeluruh untuk memastikan penyebab terjadinya kebutaan. 

Oleh karena itu ayo segera untuk melakukan pemeriksaan mata di klinik mata atau fasilitas kesehatan yang terdekat di kota kamu. Jika sayang terhadap kesehatan mata jangan ragu dan takut untuk melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan mata anda. Dengan memiliki mata yang sehat maka akan memudahkan kita untuk beraktivitas sehari – hari. 

Perlu diingat melakukan periksa mata bukan hanya pada mata yang mengalami masalah kesehatan atau terjadinya penyakit pada mata, penting juga untuk melakukan pemeriksaan secara rutin minimal 6 bulan atau 1 tahun sekali demi memastikan kondisi mata dalam keadaan yang sehat. 

 

Saksikan juga video lain tentang kesehatan mata di bawah ini : 

Bagikan:

Berikan Komentar