HomeKelainan Mata6 Tanda Mata Minus Yang Mudah Diketahui

6 Tanda Mata Minus Yang Mudah Diketahui

Mata minus adalah salah satu kelainan atau keluhan pada mata yang masuk dalam kategori kelainan refraksi. Tanda mata minus ini sebenarnya bisa dengan mudah dirasakan oleh penderitanya. Hanya saja, sebagian besar orang kerap mengabaikan gejala mata minus ini.

Pada umumnya, tanda mata minus ini angat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan, kebanyakan pasien kelainan refraksi (anak-anak) datang ke dokter mata sudah dalam keadaan minus yang cukup tinggi. Sebagian dari anak-anak merasa bahwa pandangan yang mereka rasakan adalah penglihatan orang normal.

Karena itu, peran orangtua dalam hal ini sangat penting untuk mengetahui tanda mata minus pada anak sedini mungkin. Sebab, kelainan refraksi pada anak yang tak seger amendapat penanganan dapat menyebabkan penyakit atau keluhan mata lain seperti: mata malas.

Artikel Terkait: Gejala Mata Minus Pada Anak

Pemeriksaan Refraksi ke Dokter Mata

Sebenarnya, tanda mata minus ini hampir sama dengan gejala kelainan refraksi lainnya seperti silinder, rabun dekat, atau bahkan mata tua. Datanglah ke dokter spesialis mata di klinik mata terdekat untuk bisa memastikan kondisi refraksi Anda. Bila Anda memeriksakan diri ke Klinik Mata, maka Anda akan ditangani langsung oleh dokter spesialis mata, perawat mata, dan Refraksionis Optisi (RO) yang memang fokus dalam kesehatan mata.

Dengan memeriksakan diri ke klinik mata atau ke optik, Anda akan segera mengetahui. Apakah gejala ini menunjukkan bahwa Anda menderita mata minus, atau justru ada kelainan refraksi lain seperti silinder, rabun dekat, dan mata tua. Bahkan di Klinik Mata, Anda akan mendapatkan pemeriksaan mata lebih detail (tak hanya pemeriksaan kelainan refraksi saja).

Artikel Terkait: Cara Kerja Alat Tonometri

6 Tanda Mata Minus & Kelainan Refraksi Lainnya

Bila Anda merasa ada gejala seperti di bawah ini, maka segera melakukan pemeriksaan refraksi untuk memastikan kondisi mata terkini. Memeriksakan mata sesegera mungkin, tentunya akan membantu Anda mendapatkan solusi penglihatan terbaik.

Penglihatan kabur

Melihat lingkaran cahaya di sekitar sumber cahaya terang

Sulit fokus

Sering menyipitkan mata

Sakit kepala

Mata terasa tegang

Artikel Terkait: Biaya Tes Buta Warna di Sidoarjo

Obat Mata Minus

tanda mata minus - kacamata

Pada dasarnya, mata minus ini belum ada penelitian yang menemukan obat mata minus. Sebab, mata minus ini hanya bisa disembuhkan dengan operasi mata Lasik. Namun, kebanyakan orang atau penderita kelainan refraksi sudah cukup terbantu dengan alat bantu penglihatan kacamata.

Artikel Terkait: Cara Mengobati Rabun Senja

Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter mata untuk mendapatkan  hasil atau terapi terbaik. Sebab, bila Anda membiarkan kelainan refrkais tanpa alat bantu penglihatan atau Lasik, hanya akan memperburuk kualitas penglihatan Anda.

Tonton video edukasi tentang kesehatan menarik lainnya:

https://www.youtube.com/watch?v=QFrQPsThkWw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

DOKTER MATA