HomeTeknologi MataTonometri Non Kontak: Alat Pengukur Tekanan Bola Mata

Tonometri Non Kontak: Alat Pengukur Tekanan Bola Mata

Apakah kamu pernah melihat alat Tonometri?  Fungsi dari alat ini sendiri adalah sebagai pendeteksi tekanan bola mata.

Dengan deteksi melalui alat ini, maka akan diketahui berbagai masalah atau abnormalitas yang ada pada mata seseorang. Kebanyakan orang mengetahui alat ini, namun tidak mengetahui bahwa namany.

Cara Kerja Tonometri

Alat yang biasa ditemui dan digunakan saat ini adalah Tonometri Non Kontak. Dokter Spesialis Mata akan menggunakan alat ini untuk melakukan tes tonometry.

Tes ini, berguna untuk mengukur tekanan di dalam mata, yang disebut tekanan intraokular (TIO). Tes ini digunakan untuk memeriksa salah satu faktor risiko glaukoma, penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan dengan merusak saraf di bagian belakang mata (saraf optic).

Tonometri
Tonometri Non Kontak

Artikel Terkait:

— Daftar Klinik Mata Penerima BPJS Kesehatan di Jawa Timur


— 5 Pertimbangan Pasien Memilih Poli Mata


Periksa Mata Saat Pandemi, Harus Offline atau Online?

Jadi, kalau besok periksa mata terus ada pemeriksaan menggunakan alat ini kalian bisa tahu namanya. Bagi Anda yang mengalami keluhan atau gangguan terhadap mata, segera lakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis mata atau datang periksa di Klinik Mata atau RS Mata terdekat di kota Anda.

Karena mengetahui penyakit mata sejak dini, dapat membantu terjadinya komplikasi mata dan mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Jenis Alat Tonometri

  1. Tonometri Goldmann

Alat tonometry yang sering Anda jumpai adalah alat tonometry yang paling umum. Pemeriksaan tonometry applanation Goldmann merupakan alat pemeriksaan yang dijadikan sebagai standar pemeriksaan tekanan intraokular. Alat tonometry ini juga dikenal sebagai alat tonometry yang akurat dalam mengukutr tekanan bola mata.

Pada dasarnya, tes dengan alat tonometry ini adalah dengan cara meratakan bagian Kornea pasien untuk mengukur tekanan mata. Tes ini dilakukan menggunakan lampu celah mikroskop untuk melihat mata pasien dengan Tonometer.

  1. Tonometri Nonkontak (Pneumotonometry)

Tonometri ini biasanya juga digunaka untuk memeriksa mata atau pemeriksaan mata dasar. Jenis tonometry ini tidak menyentuh mata pasien, tetapi menggunakan hembusan udara untuk meratakan Kornea.
Jenis tonometry atau metode ini sering digunakan sebagai cara sederhana dan mudah untuk memeriksa tekanan intraokular, terutama pada anak-anak. Bahkan kerap digunakan untuk pasien yang terindikasi Katarak.

  1. Tonometri Elektronik
    Tes dengan alat Tonometry ini memiliki akurasi yang cukup tinggi. Pada tes ini, dokter mata akan menempatkan sebuah alat lembut dengan ujung membundar yang terlihat seperti pena langsung pada kornea mata. Hasil tes ini, akan mudah dianalisis dan diagnosa dokter mata.

Tonton video edukasi tentang kesehatan menarik lainnya:

https://www.youtube.com/watch?v=QFrQPsThkWw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

DOKTER MATA