HomeUncategorized3 Cara Mengobati Mata Bintitan (Hordeolum) Dengan Aman

3 Cara Mengobati Mata Bintitan (Hordeolum) Dengan Aman

Mata Bintitan kerap dikait-kaitkan dengan mitos “Suka Mengintip”. Hal ini tentu sudah tidak asing ya bagi Anda, mengingat sebagian masyarakat mempercayai hal ini. Perlu Anda ketahui, bahawa hal tersebut murni mitos. Kali ini Dokter Mata akan memberi informasi tentang cara mengobati mata bintitan dengan aman & mudah.

3 cara mengobati mata bintitan (hordeolum) dengan aman
contoh penyakit mata bintitan

Penyebab Mata Bintitan

Mata bintitan atau Hordeolum adalah kondisi kondisi mata dengan benjolan menyakitkan menyerupai jerawat atau bisul yang tumbuh di tepi kelopak mata akibat infeksi yang disebabkan bakteri.

Menjaga kebersihan adalah kunci utama dalam mencegah mata bintitan ini. Meski termasuk dalam keluhan yang mengganggu, Bintitan tidaklah mengganggu penglihatan seseorang. Seseorang tetap dapat melihat dengan jelas, meski merasa nyeri di area kelopak mata atau area terjadinya bintitan.

Artikel Terkait: 3 Cara Mengatasi Konjungtivitis (Mata Merah) Dengan Aman

Gejala Bintitan Mudah Dirasakan

Pada umumnya, Hordeolum atau mata bintitan ini sangat familiar di kalangan masyarakat. Sehingga, gejala utama bintitan sangat mudah dikenali. Gejala umumnya adalah tumbuhnya bintil merah yang mirip dengan bisul kecil pada kelopak mata. Bintil merah ini bisa terletak di dalam atau di luar kelopak mata.

Adapun gejala lain yang bisa dengan mudah Anda rasakan:

– Mata berair

– Mata merah

– Kelopak mata bengkak

– Area kelopak mata nyeri

– Kelopak mata memerah/bengkak

Artikel Terkait: WASPADA! RETINOPATIC DIABETIC BISA TIMBUL TANPA GEJALA

Cara Mengobati Mata Bintitan (Hordeolum)

Sebenarnya, cara mengobati mata bintitan ini harus dilakukan oleh dokter spesialis mata. Sebab, penderita mata bintitan, membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut dengan alat pemeriksaan dan obatnyapun disesuaikan dengan hasil diagnosa dokter mata.

Namun, Apabila Anda merasa masih terlalu dini untuk memeriksakan diri ke Klinik Mata terdekat, maka Anda dapat menggunakan cara penanganan awal pada mata bintitan (hordeolum) berikut:

1. Kompres Mata
Gunakan air hangat untuk kompres area mata (pastikan air tidak masuk ke dalam mata) sebanyak 4-6 kali selama 15 menit.

2. Jangan menusuk atau menekan benjolan
Hal ini berisiko menyebabkan infeksi, bahkan memperparah kondisi mata.

3. Hindari pemakaian make up
Pemakaian make up di area mata dapat menghambat penyembuhan, bahkan menyebabkan iritasi.

Artikel Terkait: 3 Kebiasaan Saat Mata Kelilipan Ini Harus Dihindari

Kapan Mata Bintitan Harus Segera Dibawa Ke Dokter Mata

Bila kalian menderita mata bintitan (Hordeolum) dala waktu yang lama dan semakin parah, maka segeralah mendatangi dokter mata atau klinik mata terdekat. Bila kondisi memang dirasa tak kunjung membaik, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan dan penanganan lanjutan. Dokter akan lebih ahli dan memahami kondisi mata bintitan yang kalian alami.

Artikel Terkait: Penting! 11 Waktu Tepat Untuk Periksa Mata

Meskipun tidak termasuk kategori penyakit mata berbahaya atau gawat darurat seperti Katarak, Glaukoma, dll, Mata Bintitan tetap membutuhkan penanganan untuk bisa mendapatkan hasil terbaik dengan lebih cepat dan tepat. Dengan demikian, aktivitas sehari-hari juga tidak akan terganggu oleh tampilan fisik mata yang berubah dan keluhan yang terkadang menyakitkan.

Tonton Juga Video tentang kesehatan mata lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

DOKTER MATA