HomeTips Mata Sehat5 Cara Mencegah Mata Lelah Saat Belajar Online

5 Cara Mencegah Mata Lelah Saat Belajar Online

Menjalankan pendidikan daring atau online, membuat para siswa dihantui dengan risiko mata lelah hingga gangguan refraksi, Karena itu, lakukan 5 cara menghindari mata lelah berikut:

Selama 2 tahun Ajaran Baru ini, hingga 2021 kali ini. Berjalan berbeda karena dalam kondisi Pandemi Covid-19. Sebab itu, para siswa diharuskan belajar secara daring atau online dari rumah masing-masing. Aktivitas ini harus diimbangi dengan mencegah mata lelah pada anak.

Baca Juga: 11 Tahap Penggunaan Obat Tetes Mata, Nomor 3 Sering Terlewat

Keluhan Mata Pembelajaran Daring

Pembelajaran online ini tentunya menuntut para siswa lebih intens dengan gadget atau perangkat elektronik lainnya seperti laptop. Proses pembelajaran melalui Pendidikan daring atau online ini dilakukan demi kesehatan generasi bangsa bukan? Yakni mencegah dan memutus rantai penularan Covid-19.

Namun, kita harus juga menjaga kesehatan mata agar kesehatan seutuhnya tetap digenggam anak bangsa.

Selain waspada dengan pandemi Covid-19, melalui program belajar online ini terdapat risiko yang menghantui para siswa. Yakni, urusan kesehatan mata anak-anak saat sedang belajar online. Bukan hal yang tidak mungkin bila ini terjadi pada anak-anak kita. Sebab, mereka harus lebih intens menatap layar gadget untuk mengikuti program pembelajaran.

Baca Juga: 5 Gejala Mata Minus Pada Anak Yang Sering Diabaikan

Tips Mencegah Mata Lelah Saat Belajar Online

Karena harus berhadapan dengan gadget atau perangkat elektronik, maka anak-anak akan berisiko mudah mengalami mata Lelah. Bahkan sebgian besar anak yang harus berhadapan dengan gadget dengan cara yang salah, bisa menyebabkan kelainan atau gangguan refraksi. Mengingat, kasus gangguan refraksi pada anak saat ini terbilang tinggi dan mudah diderita anak-anak.


Jadi, jangan lupa lakukan 5 cara menghindari mata Lelah saat belajar dengan cara ini:

1. Pencahayaan ruang yang sesuai

2. Perhatikan posisi perangkat digital

3. Istirahatkan mata berkala

4. Jangan lupa berkedip

5. Periksa mata secara rutin


Mencegah Mata Lelah

Baca Juga Beberapa Topik Berikut:
Katarak
Operasi Katarak (Operasi Phacoemulsification)

Apabila semua usaha di atas telah dilakukan, maka jangan lupa untuk melakukan periksa mata secara rutin baik periksa mata secara online maupun offline ke dokter mata atau klinik mata terdekat. Tujuannya adalah untuk menjaga mata selalu sehat.

Hal ini harus benar-benar dijaga dan menjadi perhatian bagi para orangtua. Sebab, anak-anak yang mengalami mata lelah, atau bahkan menimbulkan kelainan refraksi (minus, silinder, rabun dekat) solusinya penyembuhannya adalah kacamata atau Lasik (namun ini harus dilakukan di atas usia 18 tahun).

Jadi, jaga kesehatan mata anak-anak mulai dari sekarang ya! Pembelajaran berjalan lancer, kesehatan matapun terjaga.

—- Saksikan Video Kesehatan Mata Lainnya —-

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

DOKTER MATA