Penderita Albino Kerap Alami Nistagmus
Diposting oleh :

Penderita Albino Kerap Alami Nistagmus, Apakah Itu?

Mungkin kamu pernah mendengar istilah Nistagmus, kondisi ini merupakan suatu gangguan penglihatan yang dapat menyebabkan bola mata bergerak sendiri tanpa terkontrol. Namun, tahukah kamu bahwa penderita Albino kerap mengalami kondisi ini? Pada penderita Albino, kondisi ini seringkali menjadi tantangan tambahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai apa itu Nistagmus, penyebabnya, serta bagaimana cara mengatasinya. Langsung saja simak pembahasannya dalam artikel dokter mata kali ini!

Apa Itu Nistagmus?

Nistagmus adalah kondisi pergerakan mata yang tak terkendali, mencakup gerakan naik-turun, ke kiri-kanan, bahkan gerakan melingkar. Kondisi ini umumnya terjadi pada kedua mata, meskipun ada kasus di mana hanya satu mata yang terkena. Bagi mereka yang mengalami Nistagmus, penglihatan dapat menjadi kabur atau terasa bergetar. Perlu dipahami bahwa pergerakan mata sejatinya dikendalikan oleh beberapa bagian atau saraf di otak. Saat kamu menggerakkan kepala, mata secara otomatis akan bergerak untuk menjaga stabilitas penglihatan, memastikan kamu dapat melihat dengan jelas dan tajam.

Pengertian Nistagmus - Penderita Albino

Nistagmus sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, berikut diantaranya:

  • Nistagmus Pendular/Horizontal: Mata bergerak seperti ayunan, dari kanan ke kiri.
  • Nistagmus Jerk/Tersentak: Mata bergerak ke satu arah, kemudian dengan cepat tersentak atau bergerak ke arah lain.
  • Nistagmus Vertikal: Pergerakan mata ke atas dan ke bawah.
  • Nistagmus Rotary: Mata bergerak tak terkendali dalam pola lingkaran.

Penyebab Nistagmus

Nistagmus bisa muncul dari lahir alias Congenital Nystagmus (bawaan), atau Nistagmus yang muncul di kemudian hari alias Acquired Nystagmus lho. Nistagmus bawaan, menyumbang sekitar 80% kasus, muncul pada usia 6-12 minggu. Penyebabnya bisa macem-macem, misalnya ada Katarak bawaan, albinisme, atau gangguan saraf optik sejak lahir.

Baca juga:
Operasi Katarak
Lasik
Operasi Katarak Gratis

Nah, kalau yang Nistagmus kemudian, bisa dialami baik sama orang dewasa maupun anak-anak. Orang yang mengalami nistagmus acquired ini lebih sering mengalami masalah soal mata kabur daripada yang congenital, tau nggak kenapa? Karena Nistagmus yang datang tiba-tiba ini akan membuat mata kita tidak sempat untuk beradaptasi secara langsung.

Jika kita mengalami Nistagmus, bagian otak yang seharusnya bertugas untuk pergerakan mata tidak berfungsi dengan baik. Hal ini juga bisa disebabkan oleh masalah medis lain yang mendasarinya. Beberapa penyebab nistagmus antara lain:

  • Memiliki riwayat keluarga yang mengalami Nistagmus.
  • Masalah mata seperti Katarak atau Strabismus.
  • Albinisme, kekurangan pigmentasi pada kulit.
  • Gangguan di telinga.
  • Adanya masalah di sistem saraf pusat.
  • Faktor gangguan otak.
  • Stroke.
  • Cedera kepala.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti phenytoin dan carbamazepine.
  • Konsumsi alkohol.
  • Tumor otak.

Mengapa Penderita Albino Sering Mengalami Nistagmus?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penderita Albino seringkali mengalami Nistagmus,  dikarenakan Albinisme sendiri merupakan kondisi yang terjadi akibat gangguan produksi melanin, yang merupakan pigmen penentu warna kulit, rambut serta iris mata. Melanin juga memainkan peran penting dalam perkembangan saraf optik, yang memiliki dampak langsung pada fungsi penglihatan. Oleh karena itu, penderita Albino memiliki kecenderungan mengalami gangguan penglihatan dan masalah mata lainnya, termasuk Nistagmus.

Baca juga:
Mencegah Katarak di Usia Muda Dengan 7 Cara
4 Kesalahan Penggunaan Obat Ini Harus Kamu Waspadai

Gejala Nistagmus

Gejala Nistagmus - Penderita Albino

Salah satu gejala utama Nistagmus adalah gerakan cepat dan tak terkendali bola mata, yang sering membuat mereka merasa pusing dan sulit melihat dalam kondisi gelap. Beberapa gejala Nistagmus yang perlu diperhatikan meliputi:

1. Gerakan Mata yang Cepat dan Tak Terkendali

Gejala umum pada Nistagmus sendiri adalah gerakan mata yang cepat dan sulit dikendalikan. Bola mata mungkin bergerak dari satu sisi ke sisi, naik turun, atau bahkan melingkar. Ini sering dijuluki sebagai “mata menari,” karena gerakannya yang unik dan bervariasi.

2. Sensitif Terhadap Cahaya

Selain gerakan mata yang cepat, Nistagmus juga dapat membuat mata menjadi sensitif terhadap cahaya.

3. Masalah Penglihatan

Nistagmus dapat membuat penglihatan menjadi kabur atau buram, memberikan masalah tambahan dalam melihat dengan jelas.

4. Kesulitan Melihat dalam Gelap

Penderitanya mungkin mengalami kesulitan melihat dalam gelap, sehingga dapat memperburuk kondisi penglihatan mereka dalam malam hari juga.

5. Sering Memiringkan Kepala atau Menoleh

Orang dengan Nistagmus mungkin cenderung memiringkan atau menolehkan kepala untuk membantu fokus penglihatan yang goyang atau tidak stabil.

Baca juga:
Pernah Merasa Mata Berpasir? Ini Penyebab, Cara Pengobatan, dan Pencegahannya
Kenali Ciri Mata Minus Bertambah Naik

6. Pusing

Gerakan bola mata yang tidak terkendali dapat menyebabkan rasa pusing dan bahkan kehilangan keseimbangan.

7. Perasaan Lingkungan Bergerak

Anak-anak yang mengalami Nistagmus mungkin melihat objek buram, sementara lingkungan sekitarnya tidak terlihat bergerak. Namun, gejala ini dapat berbeda pada orang dewasa, yang mungkin merasakan sekeliling mereka seperti sedikit bergerak.

Jika kamu merasakan gejala seperti mata yang bergerak cepat dan sulit terkendali, sensitif terhadap cahaya, atau kesulitan melihat dalam gelap, sebaiknya segera lakukan konsultasi dokter mata. Periksa mata secara rutin tidak hanya penting untuk memastikan kondisi penglihatanmu tetap optimal, tetapi juga untuk mendeteksi dini masalah seperti Nistagmus. Dengan pemeriksaan mata yang teratur, kita dapat mengetahui lebih awal apakah ada gangguan pada penglihatan dan mengambil langkah-langkah pencegahan atau penanganan yang tepat. Jadi, jangan ragu untuk mulai periksa mata rutin sekarang juga!

Sumber : dr. Chandra Nur Indenta Prima Budi, Sp.M.

Tonton juga video edukasi kesehatan mata lainnya disini!

Bagikan:

Berikan Komentar