Mencegah Katarak di Usia Muda
Diposting oleh :

Mencegah Katarak di Usia Muda Dengan 7 Cara

Siapa disini yang suka nggak peduli sama kesehatan mata? Pasti seringkali kita cuek banget, terutama di usia muda. Padahal kamu tau nggak, Katarak merupakan penyebab kebutaan nomor satu di dunia lo! Nggak mau kan mata kita jadi kayak mata ikan yang udah gak seger dan pandangan jadi kabur terus? Nggak usah cemas, dalam artikel ini bakal bagi-bagi tips menarik buat menjaga kesehatan mata dan mencegah Katarak. Jadi, siap-siap deh buat terapin gaya hidup sehat yang nggak cuma bikin badan seger, tapi juga mata tetap sehat dan terjaga! ?✨

Penyebab Katarak Terjadi di Usia Muda

Sebelum ngebahas tentang penyebab Katarak yang terkadang nyasar ke kaum muda, alangkah baiknya kita cari tahu dulu nih apa sih Katarak itu? Katarak merupakan salah satu kelainan yang terjadi pada mata, ditandai dengan lensa mata yang mulai kabur atau berbayang seperti berawan. Umumnya, Katarak biasanya berkembang secara perlahan dan mungkin terasa tidak terlalu mengganggu.

Katarak

Banyak orang tahu, mungkin Katarak biasanya terjadi pada orang dengan usia 40 sampai 60 tahunan. Namun jangan salah, gejala Katarak juga bisa muncul sejak usia muda 30 tahun lo. Lantas, jika sudah terkena Katarak tidak ada pilihan lagi selain melakukan tindakan operatif seperti Operasi Katarak.

Kalian pasti penasaran kan, Katarak di usia muda disebabkan oleh apa aja sih?

  • Yang pertama ingat ya, kalau kamu pernah terkena benturan keras atau cedera di area mata atau kepala, kita harus lebih waspada. Cedera mata bisa jadi penyebab Katarak yang suka mampir. 
  • Nah, buat yang suka beraktivitas di bawah sinar matahari langsung, hati-hati ya, resiko terkena Katarak di usia muda bisa lebih tinggi.
  • Bagi yang punya riwayat diabetes juga harus ekstra jaga mata, nih! Diabetes serta darah tinggi bisa bikin kita rawan terkena Katarak.
  • Lalu yang terakhir yaitu faktor keturunan. Kalau ada orang tua atau keluarga yang punya riwayat Katarak, hal itu bisa jadi meningkatkan resiko kita terkena Katarak juga. 

 

Baca juga:
Operasi Katarak Gratis
Manfaat Vitamin A Untuk Tubuh, Termasuk Optimalkan Penglihatan
Katarak Menghambat Fungsi Mata, Berikut Fakta 4 Bagian Lensa yang Terganggu

Tetapi, bukan cuma itu, teman-teman! Para ilmuwan juga lagi curiga lo, kalau paparan radiasi dari smartphone, layar komputer, atau TV bisa jadi bikin Katarak muncul di usia muda. Meskipun masih dalam riset, tapi lebih baik kita tetap jaga kesehatan mata dari sekarang, kan? Jadi, yuk, jaga mata kita biar Katarak tidak mampir sejak usia muda!

Tips Simple Untuk Mencegah Katarak di Usia Muda

Setelah kita tahu penyebabnya, sekarang saatnya bagi-bagi tips simpel yang bisa kita terapkan sehari-hari buat mencegah Katarak. Simak yuk, apa aja kebiasaan sederhana yang bisa kita terapkan:

1. Menjaga Pola Makan:

Konsumsi makanan kaya antioksidan bisa jadi salah satu langkah yang bisa melindungi mata kita dari serangan radikal bebas jahat. Oleh karena itu, kita harus sering makan sayur-sayuran, buah-buahan, ikan dan kacang-kacangan.

Menjaga Pola Makan - Mencegah Katarak

2. Berhenti Merokok:

Asap rokok ternyata menghasilkan radikal bebas yang bisa bikin antioksidan dalam tubuh kita berkurang lo. Jadi, mulai sekarang, coba kurangi atau bahkan berhenti merokok. Langkah kecil ini bisa berdampak besar buat menjaga mata kita tetap sehat.

Berhenti Merokok - Mencegah Katarak

3. Menggunakan Kacamata Hitam atau Anti Radiasi:

Selain buat gaya, kacamata hitam atau anti radiasi juga bisa melindungi mata kita dari paparan sinar matahari atau radiasi secara langsung. Oleh karena itu, kacamata bisa jadi teman baik kita buat mencegah Katarak.

Menggunakan kacamata hitam / anti radiasi - Mencegah Katarak

4. Rutin Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Mata:

Jangan lupa rutin periksa ke dokter mata! Dengan rajin check-up, kita bisa tahu kondisi mata kita dan melakukan antisipasi lebih dini jika ada gejala Katarak.

Rutin Periksa Mata - Mencegah Katarak

5. Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol:

Biar hati dan mata tetap happy, kurangi konsumsi minuman beralkohol ya! Terlalu berlebihan minum alkohol bisa meningkatkan risiko Katarak.

Say no to alcohol - Mencegah Katarak

6. Menjaga Berat Badan:

Rutin melakukan olahraga dan pola makan sehat bisa bantu jaga berat badan dan mengurangi risiko Katarak. Badan dan mata bakal lebih fresh dan happy, nih!

7. Rutin Memberikan Vitamin & Relaksasi Mata:

Bagi yang lagi berjuang dengan Katarak, jangan lupa beri mata kita vitamin dan waktu untuk relaksasi. Vitamin-vitamin ini bisa membantu menjaga kesehatan mata kita agar tetap ternutrisi!

Nah itulah beberapa tips sederhana untuk mencegah Katarak yang bisa kita terapkan sehari-hari. Mulai sekarang, mari kita terapkan kebiasaan-kebiasaan ini untuk menjaga kesehatan mata kita. Yuk, jaga mata kita supaya tetap sehat dan bebas dari Katarak!

Baca juga:
BPJS Kesehatan Menanggung Operasi Katarak
Ini 5 Pantangan setelah Operasi Katarak Yang Harus Diperhatikan
LASIK

Operasi Katarak di KMU Yuk!

Operasi Katarak di Klinik Mata KMU nggak hanya sekadar mengembalikan penglihatan yang jernih, tapi juga memberikan pengalaman yang nyaman dan kebebasan dalam melihat dunia.

Penasaran kan, tempat yang cocok buat kalian yang ingin melakukan tindakan Operasi Katarak? Nah, mimin mau kasih rekomendasi nih, cobain deh ke Klinik Mata KMU! Mereka punya layanan unggulan mulai dari penanaman Lensa Premium Katarak hingga teknik Operasi Katarak Modern dengan Operasi Phacoemulsification (tanpa jahitan). Lalu apa sih keunggulan dari metode ini? Hanya butuh sekitar 15 menit aja, kamu udah bisa terbebas dari Katarak! Bayangin, dalam waktu singkat, kamu bisa kembali melihat dengan normal dan beraktivitas tanpa pantangan berlebihan. Bahkan dengan Lensa Premium keluhan Katarak dan Kelainan Refraksi bisa sekaligus hilang dalam satu tindakan. Sehingga setelah operasi tak lagi ketergantungan dengan kacamata. Tentu menyenangkan bukan?

Nah, buat yang pengen cek di Klinik Mata KMU, ini nih info lokasi cabangnya di Jawa Timur:

  • Klinik Mata KMU Gresik
    Alamat: Jl. Sumatra 27 F, GKB, Gresik
    WhatsApp: +6282232053333
    Telepon: +6231-3930011
  • Klinik Mata KMU Lamongan
    Alamat: Ruko Permata Kav. 37 Lamongan
    WhatsApp: +6282363330838
    Telepon: +62322319256
  • Klinik Mata KMU Sidoarjo
    Alamat: Jl. Perum Pondok Mutiara No.L 12, Banjarbendo, Jati, Sidoarjo
    WhatsApp: +6281217441414
    Telepon: +6231-99716127
  • Klinik Mata KMU Bangkalan (Madura)
    Alamat: Ruko Khayangan, Jl. Halim Perdana Kusuma, Bangkalan, Madura
    WhatsApp: +628113511357
    Telepon: +6231-99301198

 

Mau tahu jadwal layanan di tiap cabang dan cara pendaftarannya? Langsung aja kunjungi website kmu.id, ya! Jadi, tunggu apa lagi? Segera jadwalkan konsultasi dokter mata di Klinik Mata KMU untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat. Stay healthy and protect your eyes, guys!

Sumber : dr. Danti Ayu Irawati, SpM

Tonton juga video menarik lainnya seputar kesehatan mata disini!

Bagikan:

Berikan Komentar